Israel Adesanya, Wibu Terkuat di Muka Bumi

Adesanya merupakan fans berat pop culture dan manga

Jakarta, IDN Times - Juara kelas menengah Ultimate Fighting Championship, Israel Adesanya, memiliki hobi yang agak berbeda dengan petarung kebanyakan. Adesanya dikenal sebagai salah satu petarung yang menyelami dunia pop culture, manga, dan anime.

Tanpa malu, Adesanya mengaku sebagai "weeb" atau wibu. Dia memang menggemari budaya Jepang. Tak cuma manga, anime, tapi juga budaya Jepang lainnya, juga disukai oleh Adesanya.

Dengan statusnya sebagai juara kelas menengah UFC, Adesanya bisa dibilang sebagai wibu terkuat di muka bumi sekarang.

1. Anime jadi inspirasi kariernya

Israel Adesanya, Wibu Terkuat di Muka BumiPetarung UFC, Israel Adesanya (Dokumentasi UFC)

The Last Stylebender menjadi julukannya. Jika melihat asal kata dari julukannya, tentu para penggemar animasi akan teringat dengan kartun Avatar: The Last Airbender.

Adesanya mengakui mengambil inspirasi dari sana. Tapi, dia mengadaptasikannya ke dunia MMA dengan harapan bisa menguasai arena dan mengalahkan lawan-lawannya.

"Saya mencoba beberapa hal yang pernah dilihat di kartun dan menariknya keluar untuk diterapkan dalam oktagon. Saya tahu bisa melakukannya. Saya mengaburkan batas antara realita dan fantasi, saya adalah garis itu: The Last Stylebender," ujar Adesanya mengutip ESPN.

Baca Juga: Tiru The Undertaker, Israel Adesanya Pertahankan Sabuk Juara UFC

2. Terinspirasi dari Naruto

Israel Adesanya, Wibu Terkuat di Muka BumiDok. Shueisha/Naruto Shippuden

Adesanya blak-blakan mengaku sudah lama jatuh cinta pada manga dan anime. Bahkan dia berharap bisa menjadi animator ketika sudah pensiun.

Apalagi, Adesanya mengaku menjadi animator merupakan mimpi masa kecilnya. Salah satu karakter Anime yang kerap menginspirasi Adesanya adalah Naruto.

"Naruto adalah karakter yang inspiratif. Tak cuma Naruto, karakter lain juga punya kesan tersendiri karena pesan moralnya," kata Adesanya ketika berbincang dengan jurnalis IDN Times beberapa Waktu lalu.

Dia menegaskan, pada dasarnya, semangat juang dan sifat pantang menyerah dari karakter-karakter anime yang disukainya menjadi contoh untuk diterapkan dalam kariernya.

3. Meniru demi hiburan dan karier

Israel Adesanya, Wibu Terkuat di Muka BumiDuel Israel Adesanya versus Jared Cannonier di UFC 276 (Dokumentasi UFC)

Adesanya juga kerap menirukan gaya beberapa tokoh anime saat sedang memasuki oktagon, atau bertarung. Tak jarang, beberapa jurus yang masih masuk akal untuk diterapkan, dia tiru demi bertarung.

Memang, hasilnya positif. Sebab, lawan-lawannya kesulitan membaca gaya tarung Adesanya yang unik.

"Tak semua jurus bisa ditiru, hanya yang masuk akal saja. Sebenarnya, memang ada beberapa gaya tarung yang ditiru untuk bisa diterapkan di atas oktagon," ujar Adesanya.

Baca Juga: 5 Petarung Indonesia Tampil di Road to UFC Season 2, Siapa Susul Jeka?

Baca Juga: 10 Potret Shavkat Rakhmonov, Petarung UFC yang Karier Sedang Melejit

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya