Jadi Sponsor Kevin Sanjaya, Yonex Targetkan Medali Emas Olimpiade 2020

Tak raih gelar juara dunia, Kevin ditargetkan emas Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Atlet ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo, bercerita soal target prestasinya di dunia bulu tangkis. Tak hanya soal target pribadi, Kevin juga bicara soal target yang diberikan sponsornya, Yonex.

"Tapi karena kemarin gak dapat kejuaraan dunia, ditukarnya harus emas Olympic," kata Kevin dalam siaran Live di akun Instagram PBSI (@badminton.ina), Sabtu (23/5).

Kevin bersama rekannya Marcus Fernaldi Gideon saat ini menempati posisi peringkat satu dunia dan dipastikan lolos kualifikasi menuju Olimpiade 2020 mendatang yang akan dihelat di tahun 2021.

1. Dapat Yonex jadi sponsor, Kevin punya target prestasi minimal

Jadi Sponsor Kevin Sanjaya, Yonex Targetkan Medali Emas Olimpiade 2020All England 2020: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon ke semifinal (IDN Times/PBSI)

Mendapat sponsor dari salah satu sporting equipment brand ternama di dunia, Yonex, tak berarti Kevin bisa santai menjalani kewajibannya sebagai pebulutangkis profesional. Sejumlah target prestasi ternyata juga dituntut pihak sponsor dari Kevin/Marcus.

"Targetya pokoknya setahun kan lima turnamen di atas 500 (BWF Super 500-1000)," kata Kevin bercerita.

"Terus tahun kemarin harus juara dunia, kalau tahun ini tadinya harus medali Olympic. Pokoknya medali," kata Kevin.

Lantaran gagal mendapatkan gelar juara dunia pada 2019 lalu, Kevin/Marcus kini ditargetkan harus bawa pulang medali emas Olimpiade 2020.

"Terus harus ikut final Super Series (BWF World Tour Finals). Harus lolos," kata pria kelahiran Banyuwangi ini.

Baca Juga: Bukti Bahwa Kevin Sanjaya Tak Hanya Stylish di Lapangan Bulu Tangkis

2. Dihujani tuntutan prestasi, Kevin mengaku santai

Jadi Sponsor Kevin Sanjaya, Yonex Targetkan Medali Emas Olimpiade 2020Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Target prestasi untuk seorang Kevin Sanjaya tak hanya datang dari sponsor. Selain punya target pribadi Kevin yang merupakan atlet binaan Pelatnas PBSI juga mendapat target dari PBSI.

Tak hanya itu kalah berlaga membawa nama negara selalu ada target yang diberikan Indonesia kepada sosok Kevin Sanjaya. Namun hal ini tak membuatnya merasa terlalu tertekan.

"Asyikin aja," jawab Kevin santai.

3. Tak pernah pikirkan ekspektasi orang ketika berlaga

Jadi Sponsor Kevin Sanjaya, Yonex Targetkan Medali Emas Olimpiade 2020Aksi Kevin/Marcus di semifinal Fuzhou China Open 2019, Sabtu (9/11) lalu. IDN Times/PBSI

Besarnya ekspektasi dan target prestasi yang diberikan kepadanya tak dipungkiri Kevin beberapa kali membuatnya merasa tertekan.

"Tertekan batin dan jiwa dan raga dan semuanya itu," kata Kevin secara terbuka.

"Gak mau mikir ke situ lah. Kalau udah main, mikir mainnya aja. Gak mikirin ekspektasi masyarakat," kata Kevin lagi.

Namun ia tak memungkiri bahwa sebelum bermain, jarang ekspektasi-ekspektasi tersebut menjadi beban pikirannya.

Baca Juga: Ditebus Raffi Ahmad, Lelang Raket Kevin Sanjaya Tembus Rp40 Juta!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya