Jadwal Final All England 2021 Hari Ini, Jepang Amankan 3 Gelar

Jepang mendominasi final All England 2021

Jakarta, IDN Times - Turnamen bulu tangkis All England 2021 memasuki babak final hari ini, Minggu (21/3/2021). Babak final kali bertabur laga All Japan Finals di tiga sektor.

Artinya, Jepang dipastikan mengamankan sedikitnya tiga gelar dari turnamen Super Series ini. Babak final All England 2021 dipastikan tanpa partisipasi wakil Indonesia lantaran sudah dipaksa mundur sejak hari pertama pada Rabu, 17 Maret 2021 lalu.

1. Jadwal babak final All England 2021

Jadwal Final All England 2021 Hari Ini, Jepang Amankan 3 GelarTunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia di All England 2021 (Dok.IDN Times/Badminton Photo)

Berikut jadwal tanding babak semifinal All England 2021 hari ini:

17.00 WIB: Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang/3) vs Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang/4)

18.15 WIB: Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang/1) vs Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang/2)

19.30 WIB: Pornpawee Chochuwong (Thailand/6) vs Nozomi Okuhara (Jepang/2)

20.45 WIB: Lee Zii Jia (Malaysia/6) vs Viktor Axelsen (Denmark/2)

22.00 WIB: Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo (Jepang) vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang/2)

Baca Juga: PCR Negatif, Tim Bulu Tangkis Indonesia Pulang dari Inggris Hari Ini

2. Jepang amankan sedikitnya tiga gelar

Jadwal Final All England 2021 Hari Ini, Jepang Amankan 3 GelarGanda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe di All England 2021 (Dok. IDN Times/Badminton Photo)

Jepang dipastikan akan mengamankan sedikitnya tiga gelar dari turnamen All England 2021. Babak final kali ini bertabur laga All Japan Finals.

Lagi-lagi perang saudara, tiga gelar yang pasti diamankan Jepang berasal dari sektor ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Selain itu Jepang juga berpeluang mengamankan gelar keempat dari sektor tunggal putri. Wakil tunggal putri kebanggaan Jepang Nozomi Okuhara akan berhadapan dengan tunggal putri Thailand, Pornpawee Chochuwong. Di atas kertas Okuhara lebih unggul dibandingkan dengan Chochuwong.

Tunggal putra jadi satu-satunya sektor yang babak finalnya berlangsung tanpa kehadiran wakil Jepang. Tunggal putra nomor satu dunia asal Jepang, Kento Momota, gugur di babak perempat final usai melawan wakil Malaysia, Lee Zii Jia.

3. Wakil Indonesia dipaksa mundur sejak hari pertama

Jadwal Final All England 2021 Hari Ini, Jepang Amankan 3 GelarIDN Times/PBSI

Seluruh wakil Indonesia dipaksa mundur dari turnamen All England 2021 sejak Rabu (17/3/2021) malam waktu setempat atau pukul Kamis (18/3/2021). Keputusan mengejutkan ini diambil BWF karena tim Indonesia berada di pesawat yang sama dengan seorang penumpang yang terpapar COVID-19 saat terbang dari Istanbul ke Birmingham pada Sabtu (13/3/2021).

Kekecewaan diungkapkan para atlet Indonesia yang berlaga di All England 2021 lewat unggahan masing-masing di akun media sosialnya. Seluruhnya meminta BWF dan panitia bertanggung jawab atas keputusan ini.

Anggota ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon, yang paling keras mengecam BWF. Marcus tak habis pikir ada standar ganda yang diterapkan BWF, mengingat sebelumnya ada tujuh orang atlet, ofisial, dan pelatih, yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Tujuh orang tersebut sempat menjalani tes COVID-19 ulang. Uniknya, sehari setelah tes, hasil dari tujuh orang tersebut negatif. Prosedur macam ini tak diterima oleh tim Indonesia. Maka dari itu, Marcus lewat akun instagramnya, meminta keadilan.

"Baik dari BWF maupun panitia All England pun tidak bisa berbuat apa-apa karena hal ini sudah menjadi regulasi pemerintah Inggris," begitu pernyataan PBSI pada Kamis (18/3/2021).

Setelah menjalani tes ucap PCR, wakil Indonesia mendapat hasil negatif. Kabar Ini memastikan wakil Indonesia akan bertolak pulang ke tanah air pada Minggu (21/3/2021).

Baca Juga: Tanpa Indonesia, Ini Jadwal Babak Semifinal All England 2021

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya