Comscore Tracker

Jajal Pantai Jepang, Rio Waida Fokus Pada Kemampuan Diri

Rio Waida akan tampil di tanah kelahiran

Jakarta, IDN Times - Peselancar asal Indonesia, Rio Waida, akan jalani debut perdananya di gelaran Olimpiade musim panas pada Olimpiade Tokyo 2020.

Tak hanya Rio, cabang olahraga (cabor) surfing juga akan debut di Olimpiade Tokyo 2020. Alih-alih mengkhawatirkan lawan, Rio memilih untuk fokus pada kemampuan dirinya.

1. Rio bawa 8 papan untuk jajal ombak pantai Tsurigasaki

Jajal Pantai Jepang, Rio Waida Fokus Pada Kemampuan DiriNOC Indonesia

Tiba di Tokyo sejak Minggu, 18 Juli 2021 lalu, Rio sudah menjajal ombak di Pantai Tsurigasaki, lokasi kompetisi selancar Olimpiade Tokyo 2020 akan digelar.

Berlatih selama beberapa hari, Rio sudah menjajal delapan papan selancar yang dibawanya untuk mencari papan terbaik yang akan dipakai dalam kompetisi.

“Saya mencoba beberapa papan dan sudah menemukan papan yang bagus. Latihan juga berlangsung baik," ujar Rio.

Baca Juga: 10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade Tokyo

2. Tampil di tanah kelahiran, Rio tak pungkiri rasa grogi

Jajal Pantai Jepang, Rio Waida Fokus Pada Kemampuan DiriPeselancar Indonesia, Rio Waida (Instagram.com/riowaida_)

Gelaran ini akan jadi istimewa bagi Rio karena dia berkesempatan tampil di tanah kelahirannya. Rio merupakan peselancar Indonesia kelahiran Saitama, Jepang.

Meski mengakui ada perasaan grogi, Rio akan memanfaatkan pengalamannya bertanding di kompetisi internasional agar bisa tampil lepas.

“Pasti ada rasa nervous, tapi karena saya sudah sering ikut pertandingan, sudah mempunyai pengalaman, saya harus rileks dan fokus pada diri sendiri," kata Rio.

Rio lolos kualifikasi untuk berlaga di Olimpiade Tokyo setelah Asosiasi Suring Internasional memasukkan namanya dalam atlet yang lolos ke Olimpiade pada babak kualifikasi terakhir yang berlangsung di El Salvador, akhir Mei lalu.

3. Pelatih yakini Rio dapat tangani segala kondisi pantai Tsuigasaki

Jajal Pantai Jepang, Rio Waida Fokus Pada Kemampuan DiriPeselancar Indonesia, Rio Waida (Instagram.com/riowaida_)

Keyakinan yang sama juga dimiliki pelatih Rio, Tipi Jabrik. Tipi meyakini, bagaimanapun kondisi Pantai Tsurigasaki, Rio akan bisa mengatasinya.

"Apalagi di Jepang, kondisi air tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Jadi Rio punya kesempatan untuk tampil dengan baik," sambung dia.

Baca Juga: Pemain Brasil Ciptakan Sejarah di Olimpiade Tokyo 2020

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya