Comscore Tracker

Jika Marcus Gideon Pensiun, Siapa Pasangan Baru Kevin Sanjaya?

Aryono menyebutkan beberapa alternatif nama di pelatnas

Jakarta, IDN Times - Performa wakil ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi sorotan dunia. Bagaimana tidak, keduanya berhasil menjaga posisi sebagai pasangan peringkat satu dunia ganda putra selama hampir tiga tahun berturut-turut.

Perbedaan usia antara Marcus dan Kevin yang terpaut 5 tahun menimbulkan tanya di benak sejumlah orang akan siapa sosok yang siap menggantikan jika Marcus yang kini sudah menikah dan punya anak, memilih pensiun dalam waktu dekat.

Asisten pelatih ganda putra PBSI, Aryono Miranat, memberikan pandangannya.

1. Peluang calon-calon pengganti Marcus untuk bersanding dengan Kevin

Jika Marcus Gideon Pensiun, Siapa Pasangan Baru Kevin Sanjaya?Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Meski masih jauh dari pembicaraan mengenai waktu pensiun Marcus, Aryono mengatakan PBSI tentu akan mempersiapkan orang-orang yang dirasa akan cocok berdampingan dengan Kevin Sanjaya di lapangan untuk melanjutkan kariernya. Sejumlah pemain junior juga disebut tengah dipersiapkan agar dapat mencapai level setidaknya mendekati performa The Minions, begitu Kevin/Marcus akrab disapa.

"Tapi tingkat kematangan mereka belum sampai pada tahap yang senior," kata Aryono dalam wawancara yang disiarkan LIVE di kanal YouTube Badmintalk TV, Selasa (26/5).

"Yang memungkinkan bisa Daniel, bisa Bagas. Mereka kan pemain belakang, Kevin banyak di depan, mengatur bola, sedangkan mereka pukulan-pukulannya keras," lanjut Aryono.

Baca Juga: Aryono Miranat Ungkap Resep Sukses Regenerasi Ganda Putra Indonesia

2. Tak pernah mengkhawatirkan performa The Minions

Jika Marcus Gideon Pensiun, Siapa Pasangan Baru Kevin Sanjaya?Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Aryono mengatakan tak pernah merasa khawatir terhadap performa Kevin dan Marcus. Tengah berada pada performa terbaiknya sejumlah pihak memang mempertanyakan sampai kapan Kevin/Marcus akan dapat bertahan tampil optimal.

"Karena Kevin/Marcus ini orangnya tidak mau kalah dan selalu ingin memberikan yang terbaik," kata Aryono menyampaikan alasannya tak mengkhawatirkan The Minions.

"Jadi saya tidak terlalu mengkhawatirkan Kevin dan Marcus. Karena mereka sudah mempunyai jiwa yang tidak mau kala nya. Jadi kita hanya memompa semangat mereka," lanjut dia.

3. Jadi peringkat satu dunia selama lebih dari 130 pekan

Jika Marcus Gideon Pensiun, Siapa Pasangan Baru Kevin Sanjaya?All England 2020: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon ke semifinal (IDN Times/PBSI)

Pasangan ganda putra kebanggaan Indonesia ini memang terus menorehkan prestasi yang membanggakan. Keduanya sukses menduduki posisi peringkat pertama lebih dari 130 pekan.

Sejak September 2017, Kevin/Marcus menduduki peringkat satu dunia. Pada akhir 2019 The Minions memecahkan rekor wakil ganda putra Korea Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong sebagai ganda putra terlama peringkat satu dunia.

Baca Juga: Kevin/Marcus dan An Se-young Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2020

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya