Jonatan Christie Bekuk Anthony Ginting di BrightUp Cup 2022

Tumbangkan tiga tunggal putra asing

Jakarta, IDN Times - Duel tunggal putra Indonesia Jonatan Christie kontra Anthony Sinisuka Ginting, menutup laga sektor tunggal putra di ajang BrightUp Cup 2022, Kamis (10/11/2022) malam.

Laga perang saudara tersebut dimenangkan Jonatan Christie 25-23, menumbangkan rekan sepelatnasnya, Anthony Sinisuka Ginting. Jonatan dan Ginting keluar sebagai juara grup masing-masing dalam ajang yang berlangsung di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Jonatan Christie Antisipasi Pukulan Tipuan Kidambi Srikanth

1. Jonatan bekuk Anthony Ginting

Jonatan Christie Bekuk Anthony Ginting di BrightUp Cup 2022Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Laga final mempertemukan Jonatan kontra Ginting. Sejak service pertama dilepaskan, Jonatan konsisten memimpin jalannya laga.

Pertandingan ini memang tak biasa. Laga BrightUp Cup 2022 berlangsung dengan sistem poin 25. Jonatan memimpin hingga match point 24-19. Langkah kemenangan Ginting nyatanya tak berjalan mudah.

Ginting menyusul hingga poin tipis 23-24, keunggulan untuk Jonatan. Service Ginting tak mulus dan tersangkut di net. Skor 25-23, Jonatan memenangkan pertandingan.

2. Bungkam tiga tunggal putra asing

Jonatan Christie Bekuk Anthony Ginting di BrightUp Cup 2022Enam tunggal putra di BrightUp Cup 2022 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Jonatan dan Ginting membungkam tiga tunggal putra asing yang turut diundang untuk mengikuti turnamen ini. Ng Tze Young (Malaysia), Shittikom Thammasin (Thailand), Leong Jun Hao (Malaysia) tumbang sebelum menyentuh final.

Demikian pula tunggal putra muda Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo yang ikut tumbang di babak penyisihan grup.

Atas hasil ini, Jonatan Christie berhak atas hadiah senilai 7 ribu USD atau senilai Rp109.150.300. Sementara, Anthony Ginting mendapatkan 6 ribu USD atau senilai Rp93.557.400.

Berikut hasil pertandingan sektor tunggal putra di BrightUp Cup 2022:

Tim 1
Anthony Sinisuka Ginting vs Chico Aura Dwi Wardoyo: 25-20
Chico Aura Dwi Wardoyo vs Ng Tze Young (Malaysia): 25-12
Anthony Sinisuka Ginting vs Ng Tze Young (Malaysia): 25-23

Tim 2
Jonatan Christie vs Leong Jun Hao (Malaysia): 23-25
Leong Jun Hao (Malaysia) vs Shittikom Thammasin (Thailand): 20-25
Jonatan Christie vs Shittikom Thammasin (Thailand): 25-19

Final
Jonatan Christie vs Anthony Sinisuka Ginting: 25-23.

3. Jadi modal persiapan untuk World Tour Finals 2022

Jonatan Christie Bekuk Anthony Ginting di BrightUp Cup 2022Enam tunggal putra di BrightUp Cup 2022 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Bagi Jonatan dan Ginting, turnamen ini menjadi modal baik untuk mempersiapkan diri jelang ajang BWF World Tour Finals 2022 yang akan berlangsung di Guangzhou, China pada Desember 2022.

"Simulasi juga buat nanti ke World Tour Finals. Dari sistemnya juga mirip, dengan sistem grup. Semoga nanti di World Tour Finals bisa memberikan yang terbaik," kata Ginting, usai pertandingan.

Bagi Jonatan, ajang BrightUp 2022 mengingatkannya sedikit dengan ajang World Tour Finals 2021. Kala itu, Jonatan yang sempat kalah di salah satu laga penyisihan grup, mengaku gagal bangkit untuk mengusahakan diri lolos ke babak selanjutnya.

"Bagusnya ini juga kan sama dengan World Tour Finals. Jadi semua kemungkinan itu ada. Supaya belajar di sana untuk tetap harus fokus," kata Jonatan soal BrightUp Cup 2022.

Baca Juga: Kini Latih Malaysia, Hendrawan: Saya Pasti Kembali ke Indonesia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya