Comscore Tracker

Jonatan Christie Bekuk Loh Kean Yew di World Tour Finals 2022

Jaga asa menuju semifinal World Tour Finals 2022

Jakarta, IDN Times - Tunggak putra Indonesia, Jonatan Christie, berhasil melakukan comeback manis dalam aksi keduanya di BWF World Tour Finals 2022. Dia pun mampu meraih kemenangan perdana dalam ajang bergengsi ini.

Berduel dengan wakil Singapura, Loh Kean Yew, Jonatan Christie menang melalui rubber game dengan skor 16-21, 22-20, 21-10. Duel yang berlangsung di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (8/12/2022), itu berjalan sengit.

Kemenangan ini jadi kemenangan perdana Jonatan. Dia pun masih bisa menjaga asa menembus babak semifinal World Tour Finals 2022 ini.

1. Jonatan Christie tak berdaya di gim pertama

Jonatan Christie Bekuk Loh Kean Yew di World Tour Finals 2022Jonatan Christie di laga pertama penyisihan grup B BWF World Tour Finals 2022 (dok. PP PBSI)

Gim pertama menjadi mimpi buruk bagi Jonatan Christie. Sejak service pertama dilepaskan, dia tak bisa sama sekali mengejar ketertinggalan.

Loh Kean Yew terlalu dominan dibanding dengan permainan Jonatan yang tak jarang melakukan unforced error. Mudah saja bagi Loh Kean Yew untuk terus mencuri poin hingga penghujung gim.

Jonatan tak berdaya dan kalah dari Loh Kean Yew 16-21 di gim pertama.

Baca Juga: Kalahkan Hoki/Kobayashi, Fajar/Rian Sukses Balas Dendam

2. Jonatan lakukan comeback dan amankan kemenangan

Jonatan Christie Bekuk Loh Kean Yew di World Tour Finals 2022Jonatan Christie di laga pertama penyisihan grup B BWF World Tour Finals 2022 (dok.PP PBSI)

Jonatan Christie melawan di gim kedua. Laga berlangsung sengit. Kedua pemain saling menekan dan bergantian mencuri poin.

Kejutan datang dari Jonatan saat tertinggal 18-20. Jonatan yang selangkah lebih dekat dengan kekalahan justru tancap gas mencuri empat poin tanpa balas dan menghentikan dominasi Kean Yew dengan skor 22-20.

Kalah di poin krusial tampaknya sangat berpengaruh terhadap mental Loh Kean Yew. Di gim ketiga, permaiannya tak berkembang sebagi di dua gim sebelumnya.

Loh Kean Yew terus ditekan Jonatan dengan mudah. Gim penentuan pun berhasil diselesaikan dengan baik oleh Jonatan. Pertandingan usai saat pukulan terakhir Kean Yew tersangkut di net. Skor 21-10 untuk tunggal putra Indonesia ini.

3. Jonatan menjaga kesempurnaan dalam rekor pertemuannya

Jonatan Christie Bekuk Loh Kean Yew di World Tour Finals 2022Jonatan Christie dan Loh Kean Yew di perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 (Dok. PP PBSI)

Selain jadi jadi kemenangan pertamanya di penyisihan grup World Tour Finals 2022, kemenangan atas Loh Kean Yew juga membuat statsitik pertemuan masih didominasi Jonatan. 

Laga ini jadi kali keenam Jonatan bersua dengan Loh Kean Yew. Hingga saat ini, Jonatan menjaga kesempurnaan keunggulannya dengan catatan head to head enam kemenangan atas Loh Kean Yew.

Kemenangan ini sekaligus menjaga asa Jonatan Christie untuk menembus babak semifinal. Jonatan akan bersua dengan wakil Taiwan, Chou Tien Chen di hari ketiga penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022 untuk menentukan nasibnya.

Baca Juga: Hasil BWF World Tour Finals 2022: Apriyani/Fadia Kalah di Laga Kedua

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya