Comscore Tracker

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The Daddies

Jagoan mu dijuluki apa nih?

Jakarta, IDN Times - Kepiawaian para atlet bulu tangkis dalam menuai prestasi tak hanya menggaungkan namanya seluruh dunia saja, tapi juga membuat mereka mendapatkan pelbagai julukan yang dikenang sepanjang masa.

Sebut saja Lin Dan, wakil tunggal putra Tiongkok ini dijuliki Super Dan karena keahliannya. Dia menjadi ikon bulu tangkis tunggal putra dunia dalam beberapa tahun ke belakang.

Sejalan dengan Lin Dan, berikut merupakan julukan yang disematkan kepada para penepak bulu angsa tersohor kelas dunia.

1. Super Dan

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The Daddiesolympics.bwfbadminton.com

Super Dan jadi julukan yang melekat pada Lin Dan. Tunggal putra Tiongkok ini mendapat julukan tersebut dari rivalnya, Peter Gade Christensen (Denmark).

Tak sembarangan Peter Gade membubuhkan julukan tersebut, dia merasakan bagaimana kehebatan sang pemain yang kala itu masih berusia 20 tahun, tapi tercatat sebagai peringkat satu dunia. Seperti prestasinya yang lain, julukan ini melekat dan menggaung di seluruh penjuru dunia.

Perjalanan profesional Lin Dan bersama Timnas Tiongkok berakhir pada 2020. Lin Dan menghabiskan kariernya sebagai pemain Tiongkok selama dua dekade.

2. The Minions

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The DaddiesIDN Times/PBSI

Ganda putra terbaik dunia asal Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon punya julukan unik yang disematkan penggemarnya. Mereka dijuluki The Minions, yakni tokoh film kartun Despicable Me.

Julukan ini dekat dengan pasangan Kevin/Marcus, lantaran keduanya kerap memenangkan turnamen dengan mengenakan jersey berwarna kuning, layaknya tokoh minions dalam film.

3. King Smash

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The Daddiespbdjarum.org

Tunggal putra Indonesia, Liem Swie King adalah sosok yang sangat tersohor dengan jumping smash-nya. Pukulan itu jadi senjata mematikan King selama berprofesi sebagai pebulu tangkis kelas dunia.

Julukan King Smash pun terus melekat pada sosok Liem Swie King. Pada Mei 2004, Federasi Bulutangkis Dunia memberikan pengharagaan Hall of Fame kepada Liem Swie King atas apa yang sudah ia capai bersama Indonesia.

4. Smash 100 Watt

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The DaddiesLegenda bulutangkis & Ketua Komunitas Bulutangkis Indonesia Hariyanto Arbi dalam Bincang Media “Peran Klub Dalam Pembinaan Bulutangkis Indonesia” dengan PB DJarum (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sosok tunggal putra Indonesia lainnya yang dapat julukan unik dan dikenang dunia adalah Hariyanto Arbi. Dia mendapatkan julukan Smash 100 Watt. Hal itu tak lepas dari pukulan smash yang acap kali diperlihatkan semasa masih aktif bermain.

Tak hanya itu, dia juga sebelumnya sempat mendapat sebutan Jumping Jack. Hal itu lagi-lagi didasari pada kehebatannya memukul bola yang sangat kuat di lapangan.

5. The Mighty Chong Wei

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The DaddiesInstagram.com/leechongweiofficial

Tunggal putra Malaysia Lee Chong Wei punya track record yang membanggakan selama masih aktif bermain. Sejumlah gelar bergengsi dunia berhasil didapatkan sepanjang kariernya, termasuk empat kali juara All England, enam kali juara Indonesia Open, dan satu kali medali emas SEA Games di 2005 lalu.

Dia menduduki peringkat satu dunia selama 349 minggu. Hal itu pula yang mengukuhkan bintang bulu tangkis Malaysia ini, The Mighty Chong Wei.

6. The Dynamite

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The DaddiesLegenda bulu tangkis Denmark di sektor tunggal putra, Peter Gade. bwfbadminton.com

Julukan The Dynamite erat dengan sosok tunggal putra Denmark Peter Gade. Meski gelar BWF Super Seriesnya hanya All England 1999, tapi namanya masuk dalam deretan legenda tunggal putra dunia.

Sosok satu ini sudah beberapa kali mengalahkan tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat dan juga The Mighty Lee Chong Wei.

7. The Flamboyan

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The DaddiesInstagram.com/@taufikhidayatofficial

Tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat dapat julukan The Flamboyan. Dia bisa dibilang jadi primadona kaum hawa, terkhusus pencinta bulu tangkis dunia.

Selain piawai dalam bermain olahraga tepok bulu, Taufik punya paras rupawan yang memesona. Gaya bermainnya pun terbilang indah sehingga julukan ini dirasa tepat untuknya.

Taufik punya pukulan andalan, yakni back hand smash yang tajam dan keras, serta mematikan untuk lawan.

8. Pengantin Olimpiade

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The DaddiesInstagram.com/@susysusantiofficial

Olimpade Barcelona 1992 menjadi momen tak terlupakan untuk bulu tangkis Indonesia. Tunggal putri Indonesia, Susy Susanti dan tunggal putra Indonesia Alan Budikusuma sukses mengawinkan medali emas dari gelaran olahraga akbar dunia itu.

Susy dan Alan yang memang merupakan pasangan kekasih yang diketahui langgeng hingga naik pelaminan. Pasangan ini lantas dijuluki Pengantin Olimpiade, karena prestasi dan kisah cinta mereka yang sangat indah.

9. The Magnificent Seven

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The Daddiesbwfbadminton.com

Tujuh wakil Indonesia jadi pionir prestasi bulu tangkis tanah ari pentas dunia. Mereka adalah Rudi Hartono, Liem Swie King, Tjun Tjun, Johan Wahyudi, Christian Hadinata, Iie Sumirat, dan Ade Tjandra.

Mereka bertujuh lantas dijuluki "The Magnificent Seven". Ketujuh maestro bulu tangkis Indonesia ini mendominasi bulu tangkis dunia kala itu, sehingga nama bangsa ini begitu ditakuti dalam olahraga favorit masyarakat selain sepak bola.

Baca Juga: Usai Pensiun, 8 Bintang Bulu Tangkis Indonesia Banting Setir Jadi Ini

10. The Big 4

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The DaddiesThe 4 Kings of Badminton: Taufik Hifayat (Indonesia), Lee Chong Wei (Malaysia), Lin Dan (Tiongkok), Peter Gade (Denmark) (Instagram.com/bwf.official)

The Big four atu four Kings atau juga F4 bulu tangkis, menjadi julukan yang merujuk pada empat tunggal putra legendaris dunia Julukan keren ini disematkan salah satunya kepada wakil Indonesia, yakni Taufik Hidayat

Adapun mereka yang dijuluki gelar ini selain Taufik, yakni Lin Dan (Tiongkok), Lee Chong Wei (Malaysia), hingga Peter Gade (Denmark).

Empat raja bulu tangkis ini terbilang abadi semua pemain sudah gantung raket.

11. The Daddies

Julukan Para Pebulu Tangkis Dunia, dari Super Dan Sampai The DaddiesAksi Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/PBSI)

Menempati peringkat dua dunia usai kembali dipasangkan, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan mendapat julukan dari penggemarnya, The Daddies. Sapaan itu akrab ditelinga penggemar bulu tangkis, karena melihat kedewasaan penampilan keduanya di lapangan.

Julukan ini sejalan dengan fakta keduanya sudah menjadi ayah di keluarga masing-masing. Sosok The Daddies juga jadi senior panutan dan disegani oleh juniornya di pelatnas bulu tangkis Indonesia, lho.

Baca Juga: 7 Atlet Bulu Tangkis dengan Smash Terkencang, Ada Nama Lee Chong Wei

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya