Kabar Baik, Hasil Rapid Test Semua Atlet PBSI Negatif COVID-19!

Tim All England 2020 mengakhiri masa self isolated mereka

Jakarta, IDN Times - Hasil rapid test atlet bulu tangkis Indonesia menyatakan para penghuni Pelatnas PBSI Cipayung resmi negatif COVID-19. Hasil diterima 2 minggu setelah turnamen bulu tangkis terakhir yakni All England 2020, selesai digelar.

Sejumlah atlet yang turut berlaga di All England 2020 juga dipastikan telah mengikuti tes ini. Tak hanya atlet, para pelatih juga mengikuti rapid test COVID-19.

1. Hasil rapid test tim All England 2020 negatif

Kabar Baik, Hasil Rapid Test Semua Atlet PBSI Negatif COVID-19!All England 2020: Gregoria Mariska Tunjung di babak pertama (IDN Times/PBSI)

"Hasil rapid test atlet semua negatif virus corona. Sudah dilakukan tes untuk tim All England dan atlet yang berada di Pelatnas Cipayung," kata Sekretaris Jendral PP PBSI, Achmad Budiharto seperti dikutip dari Badmintonindonesia.org pada Selasa (31/3).

Tim yang turun berlaga di All England 2020 juga menurut Budi, begitu dia akrab disapa, telah menyelesaikan masa self isolated mereka. Seluruh atlet PBSI dipastikan akan tetap menjalani social distancing untuk mencegah penyebaran penyakit COVID-19.

Baca Juga: Balik dari All England, Tim Indonesia Dikarantina 14 Hari

2. Tim All England 2020 tak lagi dipisahkan secara khusus

Kabar Baik, Hasil Rapid Test Semua Atlet PBSI Negatif COVID-19!All England 2020: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di babak pertama (IDN Times/PBSI)

"Sekarang tim All England juga tidak dipisahkan lagi secara khusus, kalau sebelumnya makan harus diantar ke kamar, sekarang sudah bisa makan di ruang makan seperti atlet yang lain," kata Budi.

Hal senada juga disampaikan tim kesehatan PBSI.

"Tetapi ingat, walaupun hasil rapid test negatif, semua harus tetap jaga kondisi tubuh dengan jaga jarak dan rutin minum vitamin. Kami masih terus pantau selagi wabah COVID-19 belum reda," ujar dr. Octaviani, salah satu dokter PBSI.

Tim All England 2020 melewati masa isolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Kelompok pertama All England 2020 tiba di Tanah Air pada 15 Maret 2020, disusul tim kedua pada 17 Maret 2020.

3. Menunggu hasil swab pelatih tunggal putra

Kabar Baik, Hasil Rapid Test Semua Atlet PBSI Negatif COVID-19!Pelatih bulu tangkis tunggal putra nasional, Hendry Saputra. (badmintonindonesia.org)

Seperti yang telah ramai diberitakan, kepala pelatih tunggal putra, Hendry Saputra Ho kini berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Budi menyampaikan hingga kini Hendry masih menjalani perawatan intensif di RS. Pelni. Menurut Budi, hasil rapid test Hendry menyatakan ia negatif COVID-19.

Meski demikian, Hendry juga telah melakukan swab test.

"Kami masih menunggu hasil swab test Coach Hendry, sampai hari ini belum keluar. Saat ini Coach Hendry menjalani beberapa tes kesehatan untuk memastikan dia terbebas dari penyakit-penyakit yang bisa melemahkan kondisinya," kata Budi.

Baca Juga: Pelatih Tunggal Putra PBSI Berstatus PDP dan Diisolasi di RS Pelni

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya