Comscore Tracker

Kaleidoskop 2020: Deretan Atlet Bulu Tangkis di Peringkat Satu Dunia 

Ada atlet Indonesia, lho!

Jakarta, IDN Times - Tak banyak turnamen bulu tangkis sepanjang 2020. Pandemik COVID-19 membuat banyak turnamen terpaksa ditunda bahkan dibatalkan. Namun persaingan sengit memperebutkan gelar peringkat satu dunia terus berlangsung.

Berikut daftar 5 atlet bulu tangkis elite dunia yang menutup 2020 dengan gelar peringkat satu dunia versi Badminton World Federation (BWF):

1. Kento Momota

Kaleidoskop 2020: Deretan Atlet Bulu Tangkis di Peringkat Satu Dunia bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com

Di sektor tunggal putra, nama Kento Momota masih kokoh bertengger di peringkat satu dunia. Dia mengumpulkan 109,118 poin. Posisinya tak terusik ia absen sejak Januari 2020 karena harus menjalani masa pemulihan setelah kecelakaan di Malaysia awal tahun lalu.

Perolehan poin Momota berbeda jauh dengan pesaingnya asal Taiwan, Chou Tien Chen, yang menempati peringkat kedua dengan capaian 84,328 poin.

Baca Juga: Hebat! Kento Momota Masuk Buku Rekor Dunia

2. Tai Tzu Ying

Kaleidoskop 2020: Deretan Atlet Bulu Tangkis di Peringkat Satu Dunia bwfbadminton.com

Persaingan ketat terjadi di sektor tunggal putri. Wakil Tiongkok, Tai Tzu Ying, menempati peringkat satu dunia dengan capaian 97,575 poin.

Angka ini beda tipis dibanding pesaingnya asal Tiongkok, Chen Yu Fei, dengan capaian 96,465. Tai Tzu Ying terakhir berhadapan dengan Chen Yu Fei di babak final All England 2020 pada Maret 2020.

Tai Tzu Ying terbilang menang mudah dengan skor akhir 21-19, 21-15 dalam dua set langsung. Padahal, kala itu Chen Yu Fei yang menempati peringkat satu dunia.

3. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Kaleidoskop 2020: Deretan Atlet Bulu Tangkis di Peringkat Satu Dunia IDN Times/PBSI

Sektor ganda putra didominasi Indonesia. Ini jelas terlihat. Bagaimana tidak, peringkat satu dan dua dunia ditempati dua pasangan kebanggaan Indonesia.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menempati peringkat pertama (106,853 poin). Menyusul pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di peringkat kedua (97,557 poin).

Tak hanya itu, di peringkat delapan besar, Indonesia masih menempatkan satu lagi pasangan ganda putranya. Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto mengisi peringkat ke-6 klasemen dunia.

4. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan

Kaleidoskop 2020: Deretan Atlet Bulu Tangkis di Peringkat Satu Dunia Ganda putri Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yifan kokoh di posisi nomor satu dunia. bwfbadminton.com

Bukan rahasia jika persaingan di nomor putri lebih ketat dibandingkan nomor lainnya. Termasuk di sektor ganda putri.

Peringkat satu dunia sektor ganda putri diraih wakil Tiongkok Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan capaian 95,310. Pasangan ini menang tipis dibanding wakil Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dengan capaian 95,108 poin.

Chen/Jia terakhir kali memenangkan laga dalam perhelatan BWF World Tour Finals 2019 pada 15 Desember 2019 lalu di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, Tiongkok.

Chen/Jia menaklukan wakil Jepang lainnya, Mayu Matsutmoto/Wakana Nagahara di babak final dalam rubber set selama 43 menit.

5. Zheng Siwei/Huang Ya Qiong

Kaleidoskop 2020: Deretan Atlet Bulu Tangkis di Peringkat Satu Dunia bwfworldchampionships.bwfbadminton.com

Dominasi Tiongkok terasa di sektor ganda campuran. Peringkat satu dan dua dunia diisi oleh dua wakil negeri tirai bambu tersebut.

Peringkat pertama diisi Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dengan capaian 109.002 poin dan peringkat kedua diraih rekan senegaranya, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping, dengan 99,312 poin.

Terakhir kali keduanya berlaga pada turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2020 pada Januari 2020. Saat itu Siwei/Yaqiong menang mudah dua set langsung dengan skor kembar 21-9, 21-9.

Baca Juga: Ini 5 Pelatih Bulu Tangkis Terbaik Dunia Satu Dekade Terakhir

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya