Kejuaraan Badminton Asia 2022 Berpotensi Dihadiri Penonton

Indonesia akan kirim wakil

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Beregu Asia 2022. Persiapan BAM dalam menyelenggarakan ajang yang digelar pada 15 hingga 20 Februari 2022 mendatang di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, sudah dalam tahap akhir.

BAM telah berkonsultasi dengan BWF terkait event ini. Sejumlah persiapan terus dimatangkan agar ajang yang jadi kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2022 ini bisa berjalan lancar.

1. Terapkan protokol kesehatan ketat

Kejuaraan Badminton Asia 2022 Berpotensi Dihadiri PenontonIlustrasi bulu tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Sama seperti yang sudah dilakukan oleh sejumlah negara, Malaysia kemungkinan bakal menerapkan sistem bubble dalam ajang ini demi melindungi para pebulu tangkis Asia yang akan mentas. BAM juga terus berkoordinasi dengan otoritas kesehatan setempat.

"BAM akan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan standar BWF dan regulasi pemerintas Malaysia," begitu pernyataan resmi BAM dikutip BERNAMA.

Baca Juga: PBSI Gelar Simulasi Kejuaraan Beregu

2. Bisa jadi ada penonton

Kejuaraan Badminton Asia 2022 Berpotensi Dihadiri PenontonTim beregu putri bulu tangkis Indoesia mempersembahka medali perak SEA Games 2019 (IDN Times/PBSI)

Ajang Kejuaraan Asia juga berpotensi dihadiri penonton. Namun, rencana ini masih dimatangkan oleh pihak penyelenggara.

Jumlah dan protokol yang harus dilewati suporter, masih terus dibahas dan menunggu persetujuan Dewan Keamanan Nasional (MKN) dan Kementerian Kesehatan Malaysia (MOH).

"Panitia lokal sedang bekerja keras untuk mencoba sebanyak mungkin penonton bisa hadir. Namun, itu bergantung pada persetujuan MOH," ujar COO Badminton Asia, Saw Chit Boon.

3. Indonesia pasti kirim tim ke Kejuaraan Beregu Asia 2022

Kejuaraan Badminton Asia 2022 Berpotensi Dihadiri PenontonTim beregu putra bulu tangkis Indoesia meraih medali emas SEA Games 2019 (IDN Times/PBSI)

Indonesia memastikan diri akan ikut dalam Kejuaraan Beregu Asia. Meski nama-nama yang masuk ke dalam Pelatnas Cipayung belum dirilis, Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Indonesia (PP PBSI) sudah memastikan bakal mengirim tim. 

"PBSI mengirimkan tim ke Kejuaraan Beregu Asia tersebut," ujar Kabid Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy saat dihubungi IDN Times, Kamis (27/1/2022).

Skuad Garuda terbilang punya rekor bagus di Kejuaraan Beregu Asia. Tim beregu putra Indonesia perkasa dengan menjuarai tiga edisi terakhir pada 2016, 2018, dan 2020.

Sementara itu, skuad beregu putri Indonesia menang di dua edisi terakhir (2018 dan 2020). Pada edisi 2016, China yang mengamankan gelar juara.

Baca Juga: Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Eropa Batal Gegara Omicron

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya