Comscore Tracker

Kento Momota Absen di Indonesia Masters 2020, Jepang Didenda Rp68 Juta

Pencinta bulu tangkis tak bisa saksikan duel MomoGi

Jakarta, IDN Times - Atlet bulu tangkis nomor satu dunia di sektor tunggal putra, Kento Momota, resmi mengundurkan diri dari turnamen Indonesia Masters 2020 yang akan dilaksanakan pada 14-19 Januari 2020 mendatang.

Peluang terciptanya laga Momota vs Anthony Sinsiuka Ginting, MomoGi, begitu pencinta bulu tangkis Indonesia menyebutnya, pupus sudah.

Atlet asal Jepang tersebut disebut mundur demi menjaga kesehatannya. Keputusan tersebut membuat Jepang harus membayar denda dengan nominal yang tak sedikit.

1. Alasan Momota mundur demi menjaga kesehatan

Kento Momota Absen di Indonesia Masters 2020, Jepang Didenda Rp68 JutaKento Momota di ajang BWF World Tour Finals 2019, Minggu (15/12). bwfbadminton.com

Dilansir dari sejumlah sumber, Kento Momota memilih mundur dari turnamen BWF Super 500 tersebut demi menjaga kesehatannya.

Momota mengaku tengah tidak berada di kondisi terbaiknya. Untuk itu, dia memutuskan mundur dari turnamen Indonesia Masters 2020.

Saat ini Momota tengah berlaga di turnamen BWF Super 500 Malaysia Masters 2020 di Kuala Lumpur, Malaysia. Momota berhasil melaju ke babak semifinal setelah tahun 2019 lalu terhenti di babak pertama dalam turnamen yang sama.

Baca Juga: Ada Luka di Jakarta di Balik 10 Gelar Kento Momota Tahun Ini

2. Jepang dikenai denda ribuan dolar

Kento Momota Absen di Indonesia Masters 2020, Jepang Didenda Rp68 Jutainstagram.com/momota_kento

Akibat keputusan mendadak yang diambil jagoan bulu tangkis Jepang ini, Momota membuat Jepang harus membayar denda dengan nominal tak sedikit.

Jepang harus membayar sebesar USD5.000 atau lebih dari Rp68 juta atau 547.440 sekitar Yen. Denda ini diberlakukan bagi pemain yang menyatakan withdrawn atau mundur di menit-menit akhir sebelum turnamen berlangsung.

3. Tak ada laga MomoGi awal tahun ini

Kento Momota Absen di Indonesia Masters 2020, Jepang Didenda Rp68 JutaIDN Times/PBSI

Wakil tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting menjadi salah satu rival berat Momota sepanjang kariernya. Laga antara keduanya, yang biasa disebut laga MomoGi oleh pencinta bulu tangkis Indonesia dipastikan tak berlangsung di awal tahun 2020 ini.

Dalam turnamen Malaysia Masters 2020 yang sedang berlangsung, Ginting gugur di babak pertama melawan wakil Tiongkok, Huang Yuxiang dengan skor 16-21, 20-22. Ginting tak sempat bertemu Momota.

Di turnamen Indonesia Masters 2020, Momota dan Ginting sebenarnya berpeluang untuk bertemu di babak semifinal jika berhasil mengatasi lawan-lawan mereka. Sayang, Momota mundur dari turnamen ini.

Baca Juga: Usai BWF Finals 2019, Kento Momota Beri Pujian bagi Anthony Ginting

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya