Comscore Tracker

Hebat! Kento Momota Masuk Buku Rekor Dunia

Kento Momota lewati rekor Lee Chong Wei

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra terbaik dunia asal Jepang, Kento Momota mencatat prestasi gemilang dalam kariernya. Atlet berusia 26 tahun itu kini berhasil mencatatkan diri dalam buku rekor dunia, Guiness Book of World Records.

Momota menahbiskan diri sebagai atlet bulu tangkis dengan gelar terbanyak dalam satu musim. Sepanjang 2019, Momota mencatatkan namanya sebagai juara di 11 turnamen internasional.

1. Lewati catatan rekor milik Lee Chong Wei

Hebat! Kento Momota Masuk Buku Rekor Dunia(Pemain unggulan asal Jepang, Kento Momota yang dikalahkan Anthony Ginting) AFP PHOTO

Catatan apik ini membawa Momota memecahkan rekor milik tunggal putra asal Malaysia, Lee Chong Wei. Sebelumnya, catatan rekor tersebut dipegang Lee Chong Wei dengan total 10 gelar sepanjang 2010.

"Saya sangat senang mendapatkan sertifikat Guiness Book of World Record. Ini bukan hanya karena kekuatan saya, tetapi dukungan dari orang-orang di sekitar saya. Saya akan melakukan yang terbaik di bulu tangkis setiap hari, sehingga saya bisa memecahkan rekor ini lebih jauh. Terima kasih atas dukungan Anda!" kata Kento dalam unggahnya di Instagram.

Tak hanya melalui media sosial, dia mengungkapkan rasa senangnya kepada rekan-rekan media.

"Ini adalah sebuah kehormatan dan saya sangat terhormat," ujar Momota dikutip Teller Report pada Rabu (18/11/2020).

"Ini buku catatan rekor dunia terkenal yang diketahui semua orang, dan saya sangat senang karena nama saya ada di dalamnya. Saya akan menikmati bermain bulu tangkis juga," kata dia lagi.

Baca Juga: Olimpade Tokyo Ditunda, Kento Momota Justru Diuntungkan 

2. Catatan gelar Kento Momota sepanjang 2019

Hebat! Kento Momota Masuk Buku Rekor DuniaTwitter.com/@INABadminton

Sejak 3 Maret hingga 15 Desember 2019, Kento Momota berhasil meraih 11 gelar juara dari turnamen internasional.

Jerman Open menjadi titel pembukanya di musim itu sebelum disusul dengan gelar All England 2019. Selain itu, Momota juga menggondol titel di Singapore Open 2019, Japan Open 2019, dan China Open 2019.

Tak berhenti di sana, Momota terus menambah gelar lewat turnamen Korea Open 2019, Denmark Open 2019, hingga Fuzhou China Open 2019.

Momota melengkapi gelanya dengan memenangkan Kejuaraan Asia 2019 dan Kejuaraan Dunia 2019.

Menutup musim 2019, Kento meraih gelar BWF World Tour Final di Guangzhou, Tiongkok usai menaklukkan wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di babak final.

3. Kento Momota kokoh di peringkat pertama

Hebat! Kento Momota Masuk Buku Rekor Duniawww.japantimes.co.jp

Menurut catatan BWF, Kento Momota sejauh ini masih kokoh di peringkat pertama tunggal putra dunia. Kento memiliki 109,118 poin dengan catatan 335 kemenangan dan 78 kekalahan.

Wakil Taiwan, Chou Tien Chen menguntit di peringkat kedua dengan capaian poin yang cukup jauh di banding Momota dengan 84,328 poin.

Peringkat ketiga diduduki Anders Antonsen (Denmark), disusul rekan senegaranya Viktor Axelsen di posisi keempat. Menutup lima besar ada wakil Tiongkok, Chen Long.

Dua wakil tunggal putra tanah air berada di peringkat keenam dan ketujuh berturut-turut Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Menutup peringkat delapan besar dunia ada wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus.

Baca Juga: Kento Momota: Apa Aku Masih Bisa Bermain Bulu Tangkis Setelah Ini?

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya