Keren! Rio Waida Kembali Cetak Sejarah untuk Indonesia

Rio Waida lolos kualifikas WSL Championship Tour 2023

Jakarta, IDN Times - Peselancar Indonesia, Rio Waida, kembali membawa kabar baik. Rio dipastikan lolos kualifikasi untuk mengikuti tur Liga Selancar Dunia atau World Surf League (WSL) 2023.

Hasil ini diraih Rio Waida setelah memastikan diri melaju ke babak 24 besar EDP Vissla Pro Ericeira di Portugal.

"Dengan melaju ke babak 24 besar EDP Vissla Pro Ericeira dan mendominasi 22 seri Challenger, Rio Waida resmi lolos kualifikasi ke tur Liga Selancar Dunia 2023," tulis WSL mengutip laman resminya.

1. Perdana wakil Indonesia lolos kualifikasi

Keren! Rio Waida Kembali Cetak Sejarah untuk IndonesiaAtlet selancar asal Indonesia Rio Waida berkompetisi dalam Heat 1 selancar putra papan pendek dalam Olimpiade Tokyo 2020 di Tsurigasaki Surfing Beach, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Lisi Niesner.

WSL dalam laman resminya menuliskan bahwa Rio Waida jadi orang Indonesia pertama yang lolos kualifikasi tur Liga Selancar Dunia. Pemuda keturunan Indonesia-Jepang ini juga pernah menjadi peselancar Indonesia pertama yang berlaga di Olimpiade.

Rio saat ini memuncaki tangga klasemen seri Challenger. Dari catatan yang dimiliki Rio, dia dipastikan tidak akan keluar dari sepuluh besar hingga akhir musim.

Baca Juga: 10 Fakta Peselancar Ryuki Waida, Adik Rio Waida yang Juga Berprestasi

2. Rio Waida senang cetaks sejarah untuk Indonesia

Keren! Rio Waida Kembali Cetak Sejarah untuk IndonesiaPeselancar Indonesia Rio Waida membawa bendera Merah-Putih saat defile pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Dinyatakan lolos kualifikasi ke tur kejuaraan musim 2023, Rio Waida masih memilih berfokus pada kejuaraan yang sedang digelutinya.

Meski demikian, Rio tak bisa menutupi rasa bahagianya bisa mencetak sejarah bagi Indonesia.

"Saya sangat senang. Indonesia belum pernah lolos jadi saya mencetak sejarah. Ini selalu jadi mimpi saya," kata Rio dalam wawancaranya bersama WSL.

Rio juga berterima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia yang terus percaya pada kemampuannya untuk bisa lolos kualifikasi ajang ini.

3. Catatan ranking Rio Waida

Keren! Rio Waida Kembali Cetak Sejarah untuk IndonesiaPeselancar Indonesia, Rio Waida (Instagram.com/riowaida_)

Rio Waida menjadi peselancar pria terbaik di klasemen seri Challenger musim 2022. Rio mencatatkan skor 21.050 dan selisih cukup jauh dengan ranking dua asal Italia, Leonardo Fioravanti.

Rio selanjutnya akan bertanding bersama wakil Australia Liam O'Brien dan wakil Amerika Serikat Crosby Colapinto di heat lima. Ketiganya akan memperebutkan slot di babak 16 besar kejuaraan yang berlangsung pada 1-9 Oktober 2022.

Baca Juga: Keren! Rio Waida Puncaki Klasemen Selancar Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya