Kevin Sanjaya Duet Bareng Daniel Marthin di Final Piala Thomas

Marcus Fernaldi Gideon diistirahatkan

Jakarta, IDN Times - Kejutan lagi-lagi datang dari sektor ganda putra tim Piala Thomas Indonesia. Berdasarkan line-up yang disusun, Kevin Sanjaya Sukamuljo berpisah sementara dengan pasangannya, Marcus Fernaldi Gideon.

Kevin akan berpasangan dengan Daniel Marthin menghadapi wakil China di partai keempat babak final Piala Thomas 2020. Laga akan berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB.

Siapa sangka, bukan pelatih, Kevin sendiri yang memilih dipasangkan dengan Daniel Marthin.

Baca Juga: Jadwal Final Piala Thomas 2020: Indonesia vs China

1. Marcus diistirahatkan

Kevin Sanjaya Duet Bareng Daniel Marthin di Final Piala ThomasKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Piala Thomas 2020 (Dok.BadmintonPhoto)

Kepala Pelatih ganda putra, Herry IP menyebut Marcus Fernaldi Gideon memang sengaja diistirahatkan lantaran kondisinya tidak bugar. Laga kontra Denmark di semifinal menguras energi Marcus.

"Kondisi Marcus sudah capek berat. Waktu 24 jam istirahat tidak cukup recoverynya. Tenaganya sudah habis. Ibarat mobil, tangki bahan bakarnya mungkin cuma isi setengah. Tidak cukup untuk main final yang menuntut kesiapan stamina yang penuh. Selain itu kakinya juga sudah kurang cepat," kata Herry dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Final Piala Thomas 2020: Line Up Indonesia vs China

2. Kevin pilih berpasangan dengan Daniel

Kevin Sanjaya Duet Bareng Daniel Marthin di Final Piala ThomasDaniel Marthin di Piala Thomas 2020 (Dok.BadmintonPhoto)

Herry bercerita Kevin Sanjaya mengaku siap turun bermain di babak final. Akhirnya, Herry meminta Kevin memilih sosok yang menjadi pasangannya.

"Kevin memilih berpasangan dengan Daniel. Ya sudah saya putuskan Kevin/Daniel sebagai ganda kedua," kata Herry.

Coach Naga Api, julukan Herry, menilai permainan Kevin dan Daniel terbilang cocok. Kevin merupakan playmaker handal sedangkan Daniel bisa menjadi tukang gebuk apik dari sisi belakang.

Daniel Marthin sebelumnya menunjukkan performa ciamik tak hanya bersama pasangan aslinya, Leo Rolly Carnando, tapi juga saat mendampingi Mohammad Ahsan berlaga melawan Taiwan di babak penyisihan grup A.

3. Performa The Minions kembali prima

Kevin Sanjaya Duet Bareng Daniel Marthin di Final Piala ThomasKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Piala Thomas 2020 (Dok.BadmintonPhoto)

Sempat terpuruk sejak Olimpiade Tokyo 2020, performa ganda putra nomor satu dunia, Kevin/Marcus akhirnya perlahan kembali prima.

The Minions, julukan Kevin/Marcus kembali menunjukkan taringnya mulai dengan mengalahkan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dalam rubber game 21-17, 16-21, 21-15 di perempat final.

Keduanya sekali lagi tampil prima dan sukses membekuk pasangan tuan rumah, Kin Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dalam rubber game 21-13, 10-21, 21-15 di babak semifinal. Kemenangan itu jadi poin pertama Indonesia.

4. Herry IP turunkan Fajar/Rian jadi ganda pertama

Kevin Sanjaya Duet Bareng Daniel Marthin di Final Piala ThomasFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dalam Piala Thomas 2020 (Dok.BadmintonPhoto)

Berdiskusi dengan anak asuhnya, Herry IP menyebutkan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto siap menjadi ganda pertama. Melihat opsi yang tersisa, Herry memainkan duet Fajar/Rian jadi ganda pertama.

Indonesia masih punya pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan untuk dimainkan. Namun menurut Herry performa keduanya belum maksimal. Pasangan yang akrab dijuluki The Daddies itu pun mengaku tak siap.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya