Comscore Tracker

Kevin Sanjaya Rayakan Ultah ke-25, Ini 7 Prestasi Terbaiknya 

Kevin memecahkan rekor peringkat satu dunia terlama

Jakarta, IDN Times - Atlet ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo merayakan ulang tahunnya yang ke-25 hari ini, Minggu (2/8/2020). Atlet kelahiran Banyuwangi ini bersama rekannya, Marcus Fernaldi Gideon, kini sukses menyandang status sebagai ganda putra terbaik dunia.

Kevin memulai karier profesional di dunia bulu tangkis sejak belia. Bermacam kejuaraan sudah dimenangkan Kevin/Marcus. Berikut 7 prestasi paling keren yang pernah diraih Kevin Sanjaya Sukamuljo.

1. Jadi runner-up di kejuaraan dunia junior sektor ganda campuran

Kevin Sanjaya Rayakan Ultah ke-25, Ini 7 Prestasi Terbaiknya Kevin Sanjaya Sukamuljo (Dok.pbdjarum.org)

Sebelum sukses di sektor ganda putra, Kevin pernah turun di sektor ganda campuran. Salah satu prestasi terbaiknya di ganda campuran adalah ketika berpasangan dengan Masita Mahmudin.

Kevin/Masita kala itu sukses menjadi runner up dalam Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior yang digelar di Bangkok pada 2013 lalu. Permainan ciamik keduanya menjadi sorotan dunia.

2. Memenangkan turnamen Superseries BWF

Kevin Sanjaya Rayakan Ultah ke-25, Ini 7 Prestasi Terbaiknya IDN Times/PBSI

Tak lagi jadi kejutan ketika Kevin/Marcus membawa pulang gelar dari turnamen BWF. Termasuk BWF Super 1000 atau superseries.

Bersama Marcus, Kevin berhasil memboyong sejumlah gelar dari turnamen-turnamen paling bergengsi di dunia bulu tangkis.

Tiga turnamen Super Series BWF sudah pernah dimenangkan Kevin/Marcus. Mulai dari China Open (2016-2017), All England (2017-2018), dan Indonesia Open (2018-2019).

3. Bertitel Ganda putra terbaik dunia

Kevin Sanjaya Rayakan Ultah ke-25, Ini 7 Prestasi Terbaiknya IDN Times/PBSI

Berpasangan dengan Marcus sejak 2015, ratusan pekan sudah dilalui Kevin berstatus ganda putra terbaik dunia. Lebih dari tiga tahun, Kevin/Marcus menduduki peringkat satu dunia.

Tak jarang berhadapan dengan lawan yang membuat Kevin/Marcus kewalahan, namun kemenangan selalu berhasil diamankan The Minions, begitu keduanya akrab dijuluki.

Keduanya menduduki peringkat satu dunia sejak 16 Maret 2017 lalu. Sampai hari ini Kevin/Marcus belum tergeser.

4. Masuk pelatnas di usia 17 tahun

Kevin Sanjaya Rayakan Ultah ke-25, Ini 7 Prestasi Terbaiknya Kevin Sanjaya Sukamuljo (Dok.pbdjarum.org)

Menggeluti bulu tangkis sejak belia. Kevin merupakan atlet asuhan salah satu klub bulu tangkis terbaik di Indonesia: PB Djarum Kudus.

Sejak remaja, Kevin sudah menggeluti bulu tangkis sebagai profesinya. Pada 2013, ketika usianya 17 tahun, Kevin resmi bergabung sebagai pemain nasional dan menjadi bagian Pelatnas PBSI.

5. Kevin memecahkan rekor peringkat satu dunia terlama

Kevin Sanjaya Rayakan Ultah ke-25, Ini 7 Prestasi Terbaiknya IDN Times/PBSI

Lebih kurang 149 pekan sudah Kevin/Marcus menjadi peringkat satu dunia versi BWF. Mencatat 247 kemenangan, Kevin/Marcus mengamankan posisi dengan skor 106.853 poin.

Memecahkan rekor menjadi ganda putra terbaik dunia selama 118 pekan pada 24 Desember 2019 lalu, Kevin/Marcus mematahkan rekor mantan ganda putra terbaik dunia lainnya.

Seperti pasangan Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong yang pernah menjadi ganda putra terbaik dunia selama 117 pekan. Atau pasangan Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong yang menjadi raja ganda putra selama 54 pekan.

6. Memenangkan sejumlah turnamen multi-event

Kevin Sanjaya Rayakan Ultah ke-25, Ini 7 Prestasi Terbaiknya IDN Times/PBSI

Sejumlah kejuaraan multi-event juga pernah dimenangkan Kevin Sanjaya. Berikut daftarnya seperti dikutip dari akun Instagram Badminton Talk (badmintalk_com):

  • Gold Medal Men's Team SEA Games 2015
  • Gold Medal Badminton Asia Team Championships 2018, 2020
  • Gold Medal MD Asian Games 2018

7. Lolos kualifikasi Olimpade 2020

Kevin Sanjaya Rayakan Ultah ke-25, Ini 7 Prestasi Terbaiknya All England 2020: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon ke babak final (IDN Times/PBSI)

Berusia seperempat abad, Kevin memastikan diri akan berlaga di ajang Olimpiade 2020. Kevin/Marcus telah dinyatakan lolos kualifikasi menujua Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Sayang, gelaran olahraga akbar dunia yang semula dijadwalkan berlangsung Agustus 2020, terpaksa ditunda imbas pandemik COVID-19 yang mewabah di dunia. Olimpiade 2020 rencananya akan digelar pada musim panas 2021 mendatang.

Selamat ulang tahun, Kevin!

Baca Juga: Ultah ke-25, 11 Potret Kevin Sanjaya dari Kecil hingga Jadi Idola

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya