Kevin/Marcus Turun Peringkat Lagi, Jadi Nomor 3 Dunia

Minions sedang tidak baik-baik saja

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, posisinya kembali merosot di peringkat dunia.

Berdasarkan catatan terbaru BWF, Kevin/Marcus kini pasangan yang dijuluki The Minions itu menempati ranking tiga dunia dengan catatan 97.727 poin dari 20 turnamen yang diikuti.

Hal ini terjadi setelah BWF memberlakukan perhitungan unfreeze ranking pada seluruh sektor.

1. Digeser peraih medali emas Olimpiade

Kevin/Marcus Turun Peringkat Lagi, Jadi Nomor 3 DuniaGanda putra Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin di Olimpiade Tokyo 2020 (Instagram.com/bwf.official)

Kevin/Marcus hanya bertahan selama satu pekan sebagai nomor dua dunia. Posisi keduanya tergeser oleh peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan).

Lee/Wang menorehkan catatan 98.518 poin dari 26 turnamen yang diikuti. Lee/Wang berada persis satu peringkat di bawah ganda putra nomor satu dunia asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Baca Juga: Kevin Sanjaya dan Herry IP Tak Akur, Sekjen PBSI Siap Cari Solusi

2. Baru turun tahta dari ranking satu dunia

Kevin/Marcus Turun Peringkat Lagi, Jadi Nomor 3 DuniaTakuro Hoki/Yugo Kobayashi (bwfbadminton.com)

Kevin/Marcus sebetulnya baru turun tahta dari peringkat satu dunia. Keduanya tergeser oleh pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi pekan lalu.

Performa Kevin/Marcus belakangan ini memang menurun. Tampil di beberapa ajang, keduanya gagal menunjukkan performa terbaiknya. Ranking mereka juga terus anjlok mengingat pasangan ini kerap absen dalam beberapa turnamen sepanjang 2020 hingga 2021.

3. Kevin/Marcus sedang tidak baik-baik saja

Kevin/Marcus Turun Peringkat Lagi, Jadi Nomor 3 DuniaKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (dok. PP PBSI)

Selain soal kebugaran, kondisi Kevin/Marcus sedang tidak baik-baik saja. Prestasi keduanya pun ikut menurun lantaran beberapa gangguan tersebut.

Kevin/Marcus masih berusaha bangkit di sepanjang 2022. Capaian terbaik keduanya adalah semifinal di ajang Indonesia Masters 2022 dan All England 2022.

Kondisi ini diperparah isu keretakan hubungan Kevin Sanjaya dengan pelatih ganda putra PBSI, Herry Iman Pierngadi.

Bahkan, di dua turnamen terakhir, Herry IP sudah tidak mendampingi Kevin/Marcus dalam pertandingan.

Baca Juga: Herry IP Benarkan Sudah Tak Latihan Bersama Kevin Sanjaya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya