Comscore Tracker

Kloter 2 Kontingen Olimpiade Tokyo Sudah Tiba di Indonesia

Para atlet dan pelatih disambut Menpora

Jakarta, IDN Times - Sejumlah atlet yang telah menuntaskan pertandingannya di Olimpiade Tokyo 2020 kembali ke Indonesia. Sebanyak 12 atlet beserta lima pelatih tiba di Tanah Air, Minggu (1/8/2021).

Mereka menjadi kontingen Indonesia kloter kedua yang tiba kembali usai mengemban tugas membela panji Merah-Putih.

Menyambut para atlet dan pelatih, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali, menyampaikan apresiasinya.

"Saya atas nama pemerintah menyampaikan selamat datang kepada para atlet dan pelatih yang sudah berjuang di ajang Olimpiade Tokyo dan ucapan terima kasih atas perjuangannya," ujar Zainudin dalam sambutannya.

"Tentu, aperesiasi pemerintah atas segala upaya yang dilakukan oleh para atlet. Salam, teriring ucapan terima kasih, dari bapak Presiden Joko Widodo kepada kontingen yang hari ini datang. Baik para atlet, pelatih, dan tenaga pendamping," lanjutnya.

1. Pahlawan olahraga tiba kembali di Jakarta

Kloter 2 Kontingen Olimpiade Tokyo Sudah Tiba di IndonesiaGanda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Sebanyak 12 atlet tiba di Tanah Air hari ini. Termasuk semifinalis Olimpiade Tokyo 2020 dari cabang olahraga bulu tangkis, ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Selain itu ada pula atlet bulu tangkis lainnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (ganda putra), Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran), Jonatan Christie (tunggal putra), dan Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri).

Tak hanya itu, atlet cabor lain juga turut dalam rombongan. Mulai dari para pemanah Indonesia, juga para perenang.

Baca Juga: The Daddies Sampaikan Salam Perpisahan di Olimpiade Tokyo

2. Fokus buat Olimpiade Paris 2024

Kloter 2 Kontingen Olimpiade Tokyo Sudah Tiba di IndonesiaMenpora Zainudin Amali dalam seminar Strategi BUMN Dalam Mendukung Sukses Olahraga Prestasi, Olahraga Wisata, dan Tuan Rumah Olimpiade 2032 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Dalam sambutannya, Zainudin juga menyampaikan pesan bagi para atlet yang masih berpeluang untuk turun dalam Olimpiade Paris 2024 mendatang. Mereka diminta menyiapkan diri lebih baik dan langsung mengalihkan konsentrasi lantaran kualifikasi untuk Paris 2024 sudah makin dekat.

"Para atlet, terutama yang sekarang ini masih punya harapan untuk bisa ikut di Olimpiade Paris 2024 yang akan datang, tentu kami harapkan tetap semangat. Beberapa saat ke depan, sudah mulai ada kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024, waktunya sudah juga tidak terlalu lama. Oleh karena itu konsentrasi dan fokus langsung diarahkan ke sana," kata Zainudin

3. Tiga wakil Indonesia akan laga babak final esok

Kloter 2 Kontingen Olimpiade Tokyo Sudah Tiba di Indonesiasportsbeezer.com

Tiga atlet Indonesia akan menjalani pertandingan terakhir esok, Senin (2/8/2021). Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra) dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri) dari cabor bulu tangkis, serta atlet angkat besi, Nurul Akmal.

Greysia/Apriyani akan jalani final ganda putri melawan wakil Tiongkok, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Sedangkan, Ginting akan berlaga berebut medali perunggu menghadapi wakil Guatemala, Kevin Cordon. Lalu, Nurul Akmal akan turun di nomor pertandingan +87 kilogram angkat besi.

Baca Juga: Tangis Erwin di Athena Terbayar, Anaknya Raih Medali Olimpiade 2020

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya