Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Diguyur Rp854 Juta

Kontingen Indonesia siap berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020

Jakarta, IDN Times - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyiapkan dana hibah dengan total 59 ribu dolar AS atau sekitar Rp854 juta untuk seluruh atlet dan ofisial yang akan berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020. Dana tersebut bakal digunakan kontingen Indonesia sepanjang keikutsertaan di Olimpiade.

"Totalnya 59.000 dolar AS, terbagi dari 1.500 dolar untuk 28 atlet dan 1.000 dolar untuk 17 pelatih yang ada di dalam SK," ujar Sekretaris Jenderal KOI, Ferry J Kono, pada bincang media secara virtual, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga: Indonesia Masuk Kategori Risiko COVID-19 Tinggi di Olimpiade Tokyo

1. Tiap atlet dijamin didukung KOI

Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Diguyur Rp854 Juta

Ferry menjelaskan tiap atlet akan menerima support grant dari KOI. Menurut dia, yang akan menerima support grant adalah para atlet yang masuk lapangan atau turun bertanding.

"Saat mereka masuk lapangan, kami akan berikan 1.500 dolar AS per orang sebagai bentuk dukungan hibah dari program Olympic Solidarity," ujar Ferry.

Artinya, tiap atlet yang turun bertanding akan menerima sekitar Rp22 juta.

2. Pelatih juga dapat perlakuan sama

Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Diguyur Rp854 Juta(Pelatih tim bulu tangkis Indonesia Herry Iman Pierngadi (tengah)) ANTARA FOTO/INASGOG/Hadi Abdullah

Tak hanya atlet, para pelatih yang anak asuhnya turun ke lapangan di Olimpiade Tokyo 2020 juga akan menerima support grant dari KOI.

"Pelatih akan mendapatkan 1.000 dolar bagi yang atletnya masuk lapangan," ujar Ferry.

Artinya para pelatih akan menerima lebih kurang Rp14,5 juta. Support grant bagi para atlet dan pelatih akan diberikan secara tunai oleh KOI.

3. KOI sudah salurkan dana jelang Olimpiade

Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Diguyur Rp854 JutaRapat Koordinasi Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, bersama Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, dalam proses pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. (dok. Komite Olimpiade Indonesia)

Ferry menjelaskan, ini bukan kali pertama KOI menyalurkan dana untuk persiapan Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, 11 cabang olahraga telah menerima bantuan bernilai 2.000 dolar AS.

"Subsidi di akhir tahun lalu 2.000 dolar untuk 11 cabang olahraga. Totalnya 22.000 dolar untuk penundaan kualifikasi Olimpiade," ujar Ferry.

Kesebelas cabang olahraga yang menerima bantuan tersebut adalah atletik, angkat besi, bulu tangkis, basket (3x3), balap sepeda, karate, menembak, panahan, renang, selancar ombang, dan sport climbing.

Baca Juga: Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Dilepas Jokowi Besok

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya