Kontingen Olimpiade Indonesia Jalani PCR Jelang ke Tokyo

Indonesia wajib PCR tiga hari beruntun sebelum terbang

Jakarta, IDN Times- Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 menjalani tes usap PCR pada Rabu (14/7/2021). Hal ini dilakukan sebagai syarat wajib jelang keberangkatan ke Tokyo, Jepang.

"Ini adalah uji hari keempat jelang keberangkatan. Semua atlet sudah masuk
karantina dengan sistem bubble. Jadi, satu atlet menempati satu kamar. Khusus cabang olahraga selancar, tes dilakukan di Bali dan dayung di Pengalengan dengan menggaet rumah sakit yang telah mendapat rekomendasi dari pemerintah Jepang," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, dalam pernyataannya

1. Kontingen Indonesia wajib jalani PCR tiga hari beruntun jelang keberangkatan

Kontingen Olimpiade Indonesia Jalani PCR Jelang ke TokyoKontingen Indonesia untuk Olimpiade jalani tes usap PCR. (dok. IDN Times/Humas NOC)

Karena Pemerintah Jepang memasukkan Indonesia dalam kategori satu sebagai negara dengan risiko tinggi terhadap penularan COVID-19 di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, maka ada beberapa aturan main yang harus diikuti Indonesia. Salah satunya menjalankan PCR rutin tiga hari berturut-turut jelang keberangkatan ke Jepang.

Selain itu, kontingen Indonesia juga tidak diperkenankan melakukan banyak interaksi dengan perwakilan negara lain.

Baca Juga: Sejarah Singkat Olimpiade, Perhelatan Olahraga Terakbar di Dunia

2. Keberangkatan dua kloter Indonesia dipercepat

Kontingen Olimpiade Indonesia Jalani PCR Jelang ke TokyoKontingen Indonesia untuk Olimpiade jalani tes usap PCR. (dok. IDN Times/Humas NOC)

Beberapa jadwal keberangkatan kontingen Indonesia akan berubah. Keberangkatan Ketua KOI dan CdM yang semula diagendakan berlangsung pada 20 Juli 2021 dimajukan menjadi 17 Juli 2021.

Sedangkan rombongan head quarters dan tim pendukung akan dibagi dua keberangkatannya yakni pada 20 dan 24 Juli 2021.

Di sisi lain, skuad bulu tangkis Indonesia telah bertolak ke Kumamoto, Jepang pada 8 Juli lalu untuk menjalani training camp selama 10 hari jelang pertandingan yang akan dimulai pada 24 Juli 2021 mendatang.

3. Keberangkatan tim Indonesia terdiri dari lima kloter

Kontingen Olimpiade Indonesia Jalani PCR Jelang ke TokyoTim Bulu tangkis Indonesia jalani training camp di Kumamoto, Jepang (Dok.IDN Times/PBSI)

Keberangkatan kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo 2020 dibagi menjadi lima kloter. Setelah tim bulu tangkis yang mengisi kloter pertama, tim advance yang meninjau lokasi dan dijadwalkan bertolak pada 15 Juli 2021 mendatang.

Tim panahan, menembak, dayung, selancar, angkat besi, dan renang, akan mengisi kloter ketiga, jumlah terbanyak, pada 17 Juli 2021.

Dua kloter lainnya diisi sesuai dengan perubahan jadwal yang sudah disampaikan.

Baca Juga: Alami Cedera Lutut, Roger Federer Mundur dari Olimpiade Tokyo

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya