Comscore Tracker

Kukuhkan Atlet Olimpiade Indonesia, Ini Pesan Mendalam Menpora

Menpora: Anggap ini Olimpiade terakhir Anda

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali resmi mengukuhkan para atlet Indonesia yang akan turun berlaga pada ajang Olimpiade Tokyo 2020 secara virtual hari ini, Kamis (8/7/2021).

Kegiatan ini dilakukan secara daring mengingat terjadi di tengah pandemik COVID-19 dan untuk menghormati Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang tengah berlangsung.

Dalam pengukuhannya, Menpora menyampaikan pesan mendalam untuk atlet Indonesia.

"Jangan sia-siakan kesempatan ini, anggaplah ini Olimpiade terakhir yang Anda ikuti," ujar Menpora Zainudin dalam keterangan tertulis pada Kamis (8/7/2021).

1. Menpora Zainudin: Jangan anggap ada kesempatan empat tahun lagi

Kukuhkan Atlet Olimpiade Indonesia, Ini Pesan Mendalam MenporaPengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 (dok. IDN Times/Humas Kemenpora)

Pengukuhan yang terpaksa digelar secara virtual ini diharapkan Zainudin tidak akan mengurangi makna dari tradisi pengukuhan kontingen Indonesia ke ajang multi-event.

Menpora Zainudin memberikan pesan kepada 28 atlet yang akan turun berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

"Jangan menyerah sebelum akhir kompetisi karena jika berhasil Anda akan dikenang sebagai pahlawan telah mengharumkan nama bangsa karena sudah meraih medali di ajang olahraga internasional tertinggi," kata Menpora kepada 28 wakil Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Masuk Kategori Risiko COVID-19 Tinggi di Olimpiade Tokyo

2. Menpora Zainudin minta balasan prestasi ke atlet Indonesia

Kukuhkan Atlet Olimpiade Indonesia, Ini Pesan Mendalam MenporaPengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 (dok. IDN Times/Humas Kemenpora)

Menpora Zainudin mengingatkan ke-28 wakil Merah-Putih bahwa mereka adalah orang-orang terpilih yang dirasa pantas mewakili 260 juta lebih rakyat Indonesia di panggung dunia.

Menpora Zainudin menuntut balasan untuk usaha guna memenuhi kebutuhan para atlet yang selamaa ini sudah dilakukan pemerintah.

"Anda dicukupkan semua kebutuhan oleh para pimpinan cabang olahraga, KONI, KOI, maka tolong itu ada di benak dan pikiran Anda bahwa Anda akan membayar itu dengan prestasi dan semangat juang dan jangan menyerah sebelum akhir setiap kompetisi," ujar Menpora Zainudin mengutip dari ANTARA.

3. Kontingen Indonesia akan dilepas presiden Jokowi

Kukuhkan Atlet Olimpiade Indonesia, Ini Pesan Mendalam MenporaPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Ke-28 atlet yang dikukuhkan Menpora berasal dari cabang olahraga bulu tangkis (11), atletik (2), panahan (4), menembak (1), dayung (2), angkat besi (5), surfing (1), dan renang (2).

"Saya Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, atas nama pemerintah Indonesia, mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade Musim Panas di Tokyo Jepang di bawah pimpinan Chef de Mission Bapak Rosan Roeslani," kata Menpora Zainudin.

Setelahnya, kontingen Indonesia akan dilepas oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Negara pada pukul 11.00 WIB secara daring.

Baca Juga: Kenang Sosok Markis Kido, Menpora Berharap Semangatnya Jadi Inspirasi

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya