Comscore Tracker

Lee Zii Jia Gagal Lolos Kualifikasi World Tour Finals 2022

Misi besar Lee Zii Jia di Australia Open 2022 gagal total

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra ranking dua dunia asal Malaysia, Lee Zii Jia, tak lolos kualifikasi untuk bertanding di gelaran tutup tahun BWF World Tour Finals 2022. Kegagalannya ini jadi tamparan keras bagi Malaysia. 

Ajang tersebut dijadwalkan berlangsung di Bangkok, Thailand pada 7-11 Desember 2022. Lokasi dan waktu pelaksanaan BWF World Tour Finals 2022 terpaksa diubah dari semula diagendakan berlangsung di Guangzhou, China pada 14-18 Desember 2022, karena meningkatnya kasus COVID-19.

Kini, Malaysia pun harus gigit jari di ajang ini. Sebab, tak satu pun wakil tunggal Malaysia menembus kualifikasi BWF World Tour Finals 2022 usai Lee Zii Jia tak ambil bagian.

1. Misi Lee Zii Jia di Australia Open gagal total

Lee Zii Jia Gagal Lolos Kualifikasi World Tour Finals 2022potret Lee Zii Jia, tunggal putra Malaysia (instagram.com/leeziijia)

Lee Zii Jia tampil di gelaran Australia Open 2022 pekan ini dengan misi utama mengamankan tiket terakhir tunggal putra di ajang BWF World Tour Finals. Namun, misi tersebut gagal total.

Tunggal putra andalan Negeri Jiran harus kalah di babak 16 besar. Dia ditaklukkan wakil China, Lu Guang Zu, dalam rubber game, 22-20, 15-21, 16-21.

Hasil ini sekaligus memastikan Lu Guang Zu bakal menjalani debut pada ajang BWF World Tour Finals 2022. Dia mengisi slot terakhir tunggal putra di BWF World Tour Final 2022.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Lee Zii Jia, Atlet Bulu Tangkis Tunggal Putra Malaysia

2. Catatan Lee Zii Jia di World Tour Finals 2021

Lee Zii Jia Gagal Lolos Kualifikasi World Tour Finals 2022Lee Zii Jia (Instagram.com/leeziijia)

Pada gelaran BWF World Tour Finals 2021, Lee Zii Jia sendiri dapat hasil yang tak jelek-jelek amat. Dia bisa melangkah hingga babak semifinal usai tampil gemilang sejak fase awal.

Berada di Grup B, Lee Zii Jia memenangkan tiga laga babak penyisihan grup, masing-masing melawan Kidambi Srikanth (India), Toma Junior Popov (Prancis), dan Kunlavut Vitidsarn (Thailand).

Hanya saja, saat berlaga di semifinal, Lee Zii Jia justru secara mengejutkan harus kalah dari Kunlavut Vitidsarn dua game langsung, 18-21, 18-21. Tungga putra Thailand itu padahal pada fase grup mampu dijinakkan. 

3. Daftar tunggal putra yang lolos kualifikasi

Lee Zii Jia Gagal Lolos Kualifikasi World Tour Finals 2022Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Melansir dari laman resmi BWF, ada delapan wakil tunggal putra dunia yang akan bertanding di World Tour Finals 2022. Seperti diketahui, ajang ini hanya akan diikuti oleh delapan pebulu tangkis terbaik dalam klasemen world tour musim ini dari tiap sektornya.

Raja tunggal putra dunia asal Denmark, Viktor Axelsen, berada di puncak klasemen. Posisi kedua diisi wakil Taiwan, Chou Tien Chen disusul wakil India, Prannoy H.S. di posisi ketiga.

Posisi keempat dan kelima berturut-turut diisi wakil Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Sementara peringkat keenam diisi wakil Jepang, Kodai Naraoka.

Mengisi posisi ketujuh, wakil Singapura Loh Kean Yew cetak sejarah untuk negaranya. Posisi terakhir diisi wakil China, Lu Guang Zu.

Baca Juga: Demi World Tour Finals, Lee Zii Jia Turun di Australia Open 2022

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya