Lee Zii Jia Ternyata Berniat Keluar dari BAM Sejak Tahun Lalu

Pebulu tangkis Malaysia ini memilih jadi pemain profesional

Jakarta, IDN Times - Tunggal Putra Malaysia, Lee Zii Jia curhat soal keputusannya untuk keluar dari Federasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM). Keputusan ini menurut Lee Zii Jia bukan keputusan tanpa pertimbangan panjang.

Setelah performanya yang dia nilai kurang konsisten di tiga turnamen Thailand pada awal 2021 lalu, Lee Zii Jia mengaku sempat berpikir kala itu menjadi ujung kariernya bersama BAM.

"Saya membuat keputusan final untuk keluar dari BAM setelah turnamen Eropa pada akhir tahun lalu," kata Lee Zii Jia mengutip dari BERNAMA, Jumat (28/1/2022).

1. Lee Zii Jia akan bentuk tim sendiri

Lee Zii Jia Ternyata Berniat Keluar dari BAM Sejak Tahun Laluinstagram.com/leeziijia

Lee Zii Jia mengatakan akan membentuk timnya sendiri. Tunggal putra ranking 7 dunia ini mengatakan timnya akan bermarkas di Malaysia.

Meski bermain secara profesional, Lee Zii Jia berjanji akan terus tampil mewakili negaranya dalam ajang besar seperti Piala Thomas, Asian Games, hingga Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Lee Zii Jia juga disebut-sebut berkemungkinan besar tetap tampil mewakili Malaysia di ajang Kejuaraan Beregu Asia pada Februari 2022 mendatang.

Baca Juga: Respons Lee Chong Wei soal  Keluarnya Lee Zii Jia dari BAM

2. Lee Zii Jia mengaku tak pernah ingin ganti kewarganegaraan

Lee Zii Jia Ternyata Berniat Keluar dari BAM Sejak Tahun Laluinstagram.com/leeziijia

Akibat keputusannya untuk keluar dai BAM, Lee Zii Jia sempat terancam tak bisa bermain di turnamen internasional selama dua tahun. Itu jadi hukuman yang semula akan dijatuhkan BAM kepadanya.

"Ketika aku mengajukan surat pengunduran diri, aku bersiap menghadapi skenario terburuk dengan tidak boleh bermain selama dua tahun. Tapi aku tidak pernah mempertimbangkan untuk mengganti kewarganegaraan ku dan pergi ke luar negeri," kata Lee Zii Jia.

Setelah mengadakan pertemuan dengan BAM, Lee Zii Jia dipastikan menjadi pemain profesional dan diizinkan untuk turun bertanding di ajang internasional membawa bendera Malaysia.

3. Banjir dukungan saat hadapi polemik

Lee Zii Jia Ternyata Berniat Keluar dari BAM Sejak Tahun Laluunggahan Lee Zii Jia (instagram/leeziijia)

Polemik yang dihadapinya dengan BAM membawa Lee Zii Jia jadi perbincangan. Lee Zii Jia banjir dukungan dari pencinta bulu tangkis berupa petisi daring yang meminta BAM agar membatalkan hukuman untuk Lee Zii Jia.

Selain itu, dukungan juga datang dari sederet pebulu tangkis tunggal putra dunia lainnya. Sebut saja dua tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen dan Anders Antonsen.

Baca Juga: Akhir Polemik, BAM Restui Status Profesional Lee Zii Jia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya