Comscore Tracker

Lolos Kualifikasi Olimpiade, Chan Peng Soon Tertua di Ganda Campuran

Chan Peng Soon targetkan emas Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Atlet bulu tangkis ganda campuran Malaysia, Chan peng Soon, terkonfirmasi menjadi atlet ganda campuran tertua yang lolos kualifikasi.

Chan Peng Soon dipastikan akan menjadi wakil Malaysia di gelaran Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli-Agustus 2021.

Chan Peng Soon akan berlaga bersama pasangannya, Goh Liu Ying.

1. Atlet Malaysia tertua yang lolos kualifikasi

Lolos Kualifikasi Olimpiade, Chan Peng Soon Tertua di Ganda CampuranIDN Times/Margith Juita Damanik

Melansir dari The Star, Chan Peng Soon, menjadi wakil Malaysia tertua yang lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 hingga saat ini.

Atlet berusia 33 tahun ini akan menjalani Olimpiade ketiganya sepanjang karier di musim panas mendatang.

"Saya tidak hanya menjadi atlet tertua di tim Malaysia untuk Olimpiade tapi saya akan menjadi atlet tertua yang lolos kualifikasi ganda campuran," ujar Chang Peng Soon mengutip dari The Star.

"Di Olimpiade sebelumnya, Lee Chong Wei menjadi atlet tertua atau dengan pengalaman terbanyak, dan sekarang Liu Ying dan saya," ujar dia lagi.

Baca Juga: 40 Kota di Jepang Tolak Atlet Peserta Olimpiade Tokyo 2020

2. Chan Peng Soon ingin raih emas di Olimpiade Tokyo 2020

Lolos Kualifikasi Olimpiade, Chan Peng Soon Tertua di Ganda CampuranChan Peng Soon/Goh Liu Ying di Toyota Thailand Open 2021 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Olimpiade Tokyo 2020 bukan jadi Olimpiade perdana bagi Chan Peng Soon. Meski demikian, Chan Peng Soon, mengakui suasanya kali ini berbeda.

"Pandemik COVID-19 membuat seluruh pemain, seluruh negara dan organisasi kesulitan. Ini menjadi lebih sulit untuk kami, tapi kami akan berjuang untuk medali emas," kata Chan Peng Soon.

3. Perjalanan Olimpiade Chan Peng Soon

Lolos Kualifikasi Olimpiade, Chan Peng Soon Tertua di Ganda Campuranbwfbadminton.com

Chan Peng Soon bersama pasangannya sudah pernah menikmati Olimpiade London 2012. Keduanya menjadi pasangan ganda campuran Malaysia pertama yang lolos kualifikasi Olimpiade.

Pada Olimpiade Londo 2012, Chan/Goh terpaksa menelan kekalahan dari seluruh babak penyisihan grup yang membuat langkah mereka terhenti sebelum menyentuh perempat final.

Terakhir, Chan/Goh meraih perak di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 usai takluk melawan wakil Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

4. Jadi satu-satunya wakil Malaysia di ganda campuran

Lolos Kualifikasi Olimpiade, Chan Peng Soon Tertua di Ganda CampuranPasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Pasangan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, melansir dari laman resmi BWF, menjadi satu-satunya wakil Malaysia yang lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 di sektor ganda campuran.

Wakil Malaysia lainnya yang lolos kualifikasi adalah Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (ganda putri), Aaron Chia/Soh Wooi Yik (ganda putra), Beiwen Zhang dan Soniia Cheah (tunggal putri), dan Lee Zii Jia (tunggal putra).

Baca Juga: 350 Ribu Orang Tanda Tangani Petisi Tolak Olimpiade Tokyo

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya