Maaf dari Rinov Usai Ganda Campuran Hancur di Swiss Open

Semangat terus, Rinov/Pitha!

Jakarta, IDN Times - Menjadi satu-satunya harapan di nomor ganda campuran dalam Swiss Open 2021, bukan perkara mudah bagi pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Pastinya, beban berat mereka rasakan dalam duel melawan wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa.

Bersama Pitha, Rinov sebenarnya jadi harapan terakhir ganda campuran Indonesia di Swiss Open 2021. Tentu, mereka diharapkan bisa lolos ke perempatfinal demi membuka asa menggondol gelar juara dari sektor ganda campuran.

Tapi, kenyataan bicara sebaliknya. Rinov/Pitha malah tersingkir straight game, 18-21 16-21. 

"Kami minta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia belum bisa memberikan yang terbaik," kata Rinov usai pertandingan.

Baca Juga: Aduh Ganda Campuran Habis, Rinov/Pitha Tersingkir dari Swiss Open

1. Rinov/Pitha takluk dalam dua game langsung

Maaf dari Rinov Usai Ganda Campuran Hancur di Swiss OpenRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dalam Mola TV PBSI Home Tournamen (Dok. PBIS)

Berhadapan dengan pasangan India, Satwikdairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa, pasangan Rinov/Pitha takluk dalam dua game langsung dengan skor 18-21 16-21.

Sempat memberikan perlawanan dan menahan imbang lawan, Rinov/Pitha tak mampu menahan langkah kemenangan wakil India itu menuju perempatfinal.

Di menit ke-38, Rinov/Pitha harus menelan pil pahit kekalahan.

2. Rinov akui masih sering lakukan kesalahan

Maaf dari Rinov Usai Ganda Campuran Hancur di Swiss OpenRinov Rivaldy di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Rinov menjelaskan sejak awal pertandingan, dia dan Pitha berupaya mengambil inisiatif serangan. Sengaja tak banyak bola yang diangkat Rinov/Pitha karena menyadari itu merupakan kekuatan lawan.

"Tapi beberapa kali kami tidak tahan dengan polanya, jadi mudah diserang balik. Selain itu, kami juga masih sering melakukan kesalahan sendiri," ujar Rinov.

3. Ganda campuran Indonesia babak belur

Maaf dari Rinov Usai Ganda Campuran Hancur di Swiss OpenHafiz Faizal/Gloria Emannuelle Widjaja dalam Mola TV PBSI Home Tournamen (Dok. PBSI)

Kekalahan Rinov/Pitha memastikan Indonesia tak punya lagi wakil di sektor ganda campuran dalam turnamen BWF Super 300 ini.

Sebenarnya Indonesia mengirim tiga wakil ganda campuran di Swiss Open 2021. Sayang, dua di antaranya gugur sejak babak pertama dan membuat pasangan Rinov/Pitha jadi wakil tunggal dalam babak 16 besar.

Pasangan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso gugur di babak pertama usai tak mampu melawan wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing yang berstatus unggulan kelima.

Kekalahan lain juga dirasakan unggulan kedua, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, yang takluk melawan pasangan Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa (India). Kebetulan, Rinov/Pitha juga disingkirkan oleh ganda India tersebut.

Padahal, Hafiz/Gloria sengaja diikutkan dalam turnamen ini dengan harapan bisa menambah poin kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo 2020 musim panas mendatang.

Baca Juga: Tumbangkan Wakil Prancis, Leo/Daniel Mulus Ke-16 Besar Swiss Open 2021

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya