Mantap! Indonesia Sapu Bersih Podium Piala Dunia Panjat Tebing 2022

Ada rekor yang dipecahkan wakil Indonesia di ajang ini

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang dari cabang olahraga panjat tebing Indonesia. Wakil garuda sukses sapu bersih podium Piala Dunia Panjat Tebing 2022 yang berlangsung di Jungnang Sport Climbing Stadium, Seoul, Korea Selatan.

Tiga atlet panjat tebing putra Indonesia amankan podium di nomor speed. Veddriq Leonardo amankan posisi teratas setelah finish dengan waktu 6,96 detik.

1. Catatan hasil wakil Indonesia di babak final

Mantap! Indonesia Sapu Bersih Podium Piala Dunia Panjat Tebing 2022Veddriq Leonardo (Instagram.com/veddriq)

Kemenangan Veddriq dipermulus rekan senegaranya, Kiromal Katibin yang dinyatakan false start di awal babak final dan harus berpuas diri dengan medali perak.

Kemenangan tim Indonesia di sempurnakan Rahmad Adi Mulyono yang sukses naik ke podium dengan catatan waktu 5,48 di kualifikasi dan 5,58 di final.

Baca Juga: Windy Cantika Jadi Juara Dunia Junior di Yunani saat Lebaran

2. Katibin pecahkan rekor dunia

Mantap! Indonesia Sapu Bersih Podium Piala Dunia Panjat Tebing 2022Atlit panjat tebing Indonesia Katibin Kiromal (kiri ) dan rekannya Veddriq Leonardo (kanan). (ANTARA FOTO/ Reuters-Jeffrey Swinger-USA TODAY Sports/hp.)

Di babak kualifikasi, Kiromal Katibin mencatat sejarah dengan waktu 5,17 detik, lebih cepat 0,03 detik dari rekor sebelumnya yang dibukukan Veddriq di ajang Piala Dunia Panjat Tebing 2021 lalu.

Catatan ini membawa Katibin menjadi atlet panjat tebing tercepat tahun ini. Ada satu lagi wakil Indonesia yang masuk dalam jajaran lima besar, yakni Zaenal Aripin menempati peringkat kelima dengan catatan 5,74 di babak kualifikasi dan fall di babak final.

3. Hasil wakil putri Indonesia

Mantap! Indonesia Sapu Bersih Podium Piala Dunia Panjat Tebing 2022Cabang olahraga panjat tebing PON XX Papua 2021 (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Di sisi lain, atlet putri Indonesia belum mampu memeberikan hadiah serupa. Tak satu pun pemanjat tebing putri Indonesia naik podium di ajang Piala Dunia kali ini.

Dua atlet panjat tebing putri Indonesia, Rajiah Sallsabillah dan Desak Made Rita Kusuma Dewi hanya mampu masuk dalam jajaran tiga besar di babak kualifikasi.

Keduanya terhenti di posisi kelima dan kesembilan di babak final.

Baca Juga: Panjat Tebing Siap Raih Medali di Olimpiade Paris 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya