Comscore Tracker

Mengenal Lebih Dekat Agung Firman Sampurna, Ketum Baru PBSI

Ketua BPK RI yang kini jadi Ketua Umum PP PBSI

Jakarta, IDN Times - PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) resmi memiliki ketua baru pasca-menggelar Munas yang berlangsung pada 6 Oktober 2020. Nama Agung Firman Sampurna terpilih menjadi Ketua Umum PP PBSI periode 2020-2024.

Agung menjadi Ketua Umum PBSI setelah menjadi satu-satunya nama yang lolos verifikasi sebagai calon ketua umum PP PBSI.

Di hadapan Pengurus PBSI dan Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI lainnya, Agung menyampaikan visi dan misinya. Dia juga berjanji membawa bulu tangkis Indonesia semakin berkembang dan menelurkan banyak prestasi di kancah dunia.

Berikut sedikit fakta untuk lebih mengenal sosok nahkoda baru PP PBSI, Agung Firman Sampurna.

1. Agung Firman Sampurna adalah Ketua BPK RI

Mengenal Lebih Dekat Agung Firman Sampurna, Ketum Baru PBSIMunas PBSI (Dok.IDN Times/PBSI)

Nama Agung Firman Sampurna tak begitu akrab di telinga pencinta bulu tangkis Indonesia. Maklum, dia lebih banyak bergelut di instansi miliki pemerintahan dan saat ini  menjabat sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Periode 2019-2024. 

Agung terhitung cukup lama berada di sana, karena sudah menjabat sebagai Anggota BPK I sejak 2014 silam. Dia diketahui meniti karirnya sebagai birokrat berawal dari staf bagian organisasi dan tata laksanakan Sekretariat Wilayah Daerah Tingkat II Kabupaten Musi Banyuasin pada 1998-1999 silam.

2. Putra dari politisi senior Golkar dan latar belakang pendidikan

Mengenal Lebih Dekat Agung Firman Sampurna, Ketum Baru PBSIKetua Umum PP PBSI 2020-2024 Agung Firman Sampurna (Dok.IDN Times/PBSI)

Agung merupakan putera dari politisi senior Partai Golkar, Kahar Muzakir. Dia merupakan putra asli Palembang, Sumatera Selatan yang lahir di Madiun pada 19 November 1971.

Melansir dari berbagai sumber, Agung menempuh pendidikan dasar hingga perguruan tinggi di Palembang. Dia berhasil meriah gelar sarjana ekonomi dari Universitas Sriwijaya pada 1996.

Dua tahun berselang, Agung hengkang ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang pasca-sarjana. Dia berhasil meraih gelar master pada Program Studi Administrasi dan Kebijakan Publik di Universitas Indonesia pada 1998.

Baca Juga: Resmi Jadi Ketum PBSI, Agung Ingin Bangun Industri Sport Bulu Tangkis

3. Jadi calon tunggal Ketum PBSI 2020-2024

Mengenal Lebih Dekat Agung Firman Sampurna, Ketum Baru PBSIPembukaan Munas PSBI (Dok.IDN Times/PBSI)

Agung terpilih menjadi Ketua Umum baru PP PBSI setelah dinyatakan menang secara aklamasi. Dia menjadi calon tunggal yang lolos verifikasi dan mampu mengantongi 23 surat dukungan dari Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI.

Selain nama Agung, muncul nama Ketua Umum Pengprov PBSI Banten Ari Wibowo yang masuk dalam bursa calon ketua umum PP PBSI kali ini. Sayangnya setelah melalui tahapan verifikasi, hanya nama Agung yang berhasil lolos sebagai calon ketua umum dan diminta menyampaikan visi misinya untuk PP PBSI.

Agung mengemban tugas sebagai ketua menggantikan posisi Wiranto yang sudah menjabat dalam periode 2016-2020.

4. Alasan Agung bersedia maju jadi caketum PBSI

Mengenal Lebih Dekat Agung Firman Sampurna, Ketum Baru PBSIKetua Umum PP PBSI 2020-2024 Agung Firman Sampurna (Dok.IDN Times/PBSI)

Menjabat sebagai Ketua BPK RI, Agung diyakini memiliki kesibukan luar biasa. Namun, dia tetap bersedia untuk menjabat sebagai Ketua Umum PP PBSI, karena beberapa alasan.

"Keberhasilan saya duduk di sini itu adalah keberhasilan teman-teman ini membujuk," ujar Agung dalam konferensi pers.

Agung bercerita pertama kali didatangi oleh PBSI pada 2019. Kala itu, Agung menjabat sebagai Penasihat di PBSI Sumatera Selatan.

Agung memiliki cita-cita untuk menjadikan bulu tangkis, yang dikenal sebagai olahraga rakyat, sebagai sarana yang layak untuk menjadi pemersatu bangsa.

"Itu bagian yang penting kenapa kemudian saya akhirnya menerima teman-teman untuk mencalonkan diri sebagai ketua umum PBSI," ujar dia.

"Teman-teman sudah tahu performa saya sebagai ketua BPK, saya pikir teman-teman akan pelru lihat bagaimana performa saya sebagai Ketua Umum PBSI," ujar dia lagi.

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya