Comscore Tracker

Mengenal Lee Yang/Wang Chi Lin, Kejutan Baru Ganda Putra Dunia

Lee Yang sangat mengidolakan The Daddies, sudah tahu?

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Lee Yang/Wang Chi Lin memikat perhatian penikmat bulu tangkis dunia. Terlebih setelah pasangan ganda putra Taiwan ini berhasil menyapu bersih seluruh gelar juara dari tiga turnamen yang digelar di Bangkok, Thailand selama tiga pekan beruntun.

Setelah sukses merengkuh hasil terbaik di gelaran Yonex Thailand Open 2021 pada 12-17 Januari 2021 lalu, dua turnamen selanjutnya Toyota Thailand Open 2021 dan BWF World Tour Finals 2020 pun diselesaikan dengan hasil maksimal.

Berikut sedikit fakta yang dihimpun IDN Times tentang Lee/Wang:

 

1. Lee Yang/Wang Chi Lin baru berpasangan sejak 2019

Mengenal Lee Yang/Wang Chi Lin, Kejutan Baru Ganda Putra DuniaGanda putra Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin di BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Bermain dengan sangat ciamik, pasangan Lee/Wang nyatanya belum lama bersama. Mereka baru dipasangkan setahun lalu, tepatnya pada 2019.

Lee sebelumnya memiliki sejumlah pasangan lain. Namun, dari interview di kanal YouTube BWF (BWF TV), Lee mengaku prestasinya tidak stabil sebelum bersama Wang. Ia bahkan sempat berharap bisa berpasangan dengan rekan yang bisa membuat prestasinya stabil dan meningkat.

Sedangkan, Wang Chi Lin sedikit tak asing karena sempat berpasangan dengan Chen Hung-Ling. Namun, Cheng kemudian memutuskan pensiun dan memberi kesempatan bagi Wang Chi Lin terus berprestasi bersama rekan yang lebih muda.

Chen Hung-Ling sendiri kini posisinya menjadi pelatih Lee/Wang.

2. Mengidolakan Hendra/Ahsan

Mengenal Lee Yang/Wang Chi Lin, Kejutan Baru Ganda Putra DuniaPodium ganda putra BWF World Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Tiga pekan terakhir, tak jarang penikmat bulu tangkis mendengar bagaimana Lee/Wang memuja pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Melalui beberapa unggahan keduanya di media sosial, mereka terang-terangan Lee Yang/Wang Chi Lin menyebut Hendra/Ahsan sebagai idola mereka.

Lewat wawancara bersama BWF usai memenangkan babak final BWF World Tour Finals 2020 pada Minggu (31/1/2021), Lee pun masih merasa tak dipercaya bisa menjadi juara.

Kegembiraannya itu bahkan tak bisa disembunyikan. Tak hanya bisa melewati laga final saja, kesuksesannya mengalahkan idola sendiri juga membuatnya sangat gembira.

Baca Juga: [BREAKING] Hattrick! Lee/Wang Sapu Bersih Gelar Juara Turnamen Bangkok

3. Hattrick tiga turnamen pertama BWF usai jeda panjang pandemik COVID-19

Mengenal Lee Yang/Wang Chi Lin, Kejutan Baru Ganda Putra DuniaGanda putra Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin di BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Berhadapan dengan The Daddies, sapaan Hendra/Ahsan, pasangan Lee/Wang menang di babak final BWF World Tour Finals 2020 dalam straight game degan skor 21-17, 23-21. Kemenangan ini sekaligus menjadi kemenangan tiga kali beruntun Lee/Wang dalam seluruh turnamen terakhir yang digelar di Bangkok, Thailand.

Pada gelaran Yonex Thailand Open 2021, Lee/Wang menang di babak final melawan wakil Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong dalam rubber set dengan skor 21-16, 21-23, 21-19.

Sedangkan pada gelaran Toyota Thailand Open 2021, pasangan Lee Yang/Wang Chi Lin kembali memenangkan babak final. Lagi-lagi, wakil Malaysia yang jadi korban. Bedanya pasangan  Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang dijungkalkan dengan skor 21-13, 21-18.

Lee/Wang juga mencatat sejarah sebagai ganda putra Taiwan pertama yang memenangkan gelar BWF World Tour Finals ini.

4. Selama ini bertengger di peringkat ke-7

Mengenal Lee Yang/Wang Chi Lin, Kejutan Baru Ganda Putra DuniaGanda putra Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin di Toyota Thailand Open (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Lee/Wang tercatat sebagai ganda putra terbaik Taiwan. Mereka satu-satunya atlet ganda putra Taiwan yang sukses masuk daftar deretan 10 besar dunia. Walau namanya jarang terdengar, pasangan ini sempat bertengger di peringkat ke-7 ganda putra terbaik dunia versi BWF. 

Namun peringkatnya di BWF mulai meroket. Berkat tiga gelar yang dikoleksi itu, Lee/Wang berpeluang naik ke peringkat tiga dunia.

Artinya, Lee Yang/Wang Chi Lin hanya satu peringkat saja di bawah idolanya, Hendra/Ahsan dan sukses menggeser posisi wakil Tiongkok Li Jun Hui/Liu Yu Chen, dua pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto.

Baca Juga: Kalah, Hendra/Ahsan Cuma Jadi Runner-up di BWF World Tour Finals 2020

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya