Menuju Olimpiade Tokyo 2020, PBSI: Ada Latihan Khusus Pemain

PBSI akan persiapkan atlet untuk Olimpiade Tokyo 2020

Jakarta, IDN Times - Kepala bidang Bina Prestasi (Kabinpres) PP PBSI Rionny Mainaky, angkat bicara soal persiapan atlet bulu tangkis Indonesia menuju gelaran multi-olahraga akbar dunia, Olimpiade Tokyo yang digelar musim panas 2021.

Rionny mengaku sudah mulai memikirkan strategi khusus untuk persiapan para atlet, terutama program latihan yang akan dijalani skuat merah-putih.

"Kalau untuk Olimpiade, memang harus benar-benar dipersiapkan. Apalagi banyak kejuaraan yang berdekatan, memang ada yang masuk poin Olimpiade ada yang tidak," ujar Rionny dalam rilis resmi PBSI, Senin (1/2/2021).

 

 

1. Latihan khusus diberikan kepada perwakilan menuju Olimpiade

Menuju Olimpiade Tokyo 2020, PBSI: Ada Latihan Khusus PemainRuselli Hartawan bersama pelatih tunggal putri Indonesia, Rionny Mainaky (IDN Times/PBSI)

Tidak semua pebulu tangkis Indonesia akan turun berlaga di gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Hanya sejumlah atlet yang dinyatakan lolos kualifikasi yang akan berangkat.

Program khusus pun hanya akan diberikannya kepada atlet yang akan berlaga saja nantinya.

"Tapi untuk pemain-pemain yang akan ikut Olimpiade, nanti saya dengan pelatih-pelatih mungkin akan berikan latihan khusus tersendiri," kata Rionny.

Baca Juga: Herry IP Sebut Hendra/Ahsan Kalah Tenaga dari Wakil Taiwan

2. Beberapa pertandingan yang mungkin jadi ajang kualifikasi Olimpiade

Menuju Olimpiade Tokyo 2020, PBSI: Ada Latihan Khusus PemainGreysia Polii/Apriyani Rahayu di hari pertama BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Hingga saat ini, para pemain Indonesia tengah berjuang untuk bisa tampil di Olimpade Tokyo. Mereka pun bersiap menghadapi beberapa turnamen yang jadi kualifikasi menuju pergelaran yang di Jepang itu.

Melansir akun Twitter Badminton Talk (BadmintonTalk), berikut daftar turnamen yang akan jadi kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo 2020:
- Yonex Swiss Open
- Yonex German Open
- 56 Portuguesse International Championships
- Li-Ning Czech Open
- XXI Giraldilla
- Polish Open
- Ciputra Hanoi - Yonex Sunrise Vietnam International Challenger
- Singapore Open
- Peru International
- VViktor Croatian International
- Badminton Asia Championship
- European Championships
- XXIV Pan Am Indicidual Championships
- India Open

3. Rionny sayangkan performa atlet Indonesia yang menurun di turnamen Bangkok

Menuju Olimpiade Tokyo 2020, PBSI: Ada Latihan Khusus PemainAnthony Sinisuka Ginting di hari pertama BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Mengevaluasi performa pebulu tangkis Indonesia yang berlaga dalam tiga turnamen di Bangkok, Thailand selama Januari 2021,  Rionny menilai daya juang para wakil Indonesia itu menurun selama pergelaran turnamen itu.

"Secara menyeluruh memang ada penurunan di daya juang, kecuali Greysia/Apriyani, dari sisi konsentrasinya mereka juga bisa konsisten, sampai akhirnya juara. Kalau yang lain masih terlihat goyah," ujar Riony dalam rilis resmi PBSI yang diterima IDN Times pada Minggu, 31 Januari 2021.

"Kalau yang lain masih terlihat goyah. Daya juang ada, tapi terlihat masih naik turun. Mau naik dan bangkit itu susah," lanjut dia.

Diapun menyebut hasil yang dicapai wakil Indonesia tidak sesuai dengan target yang semula ditetapkan.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya