Miftahul Tak Menyesal Didiskualifikasi Karena Hijab

Miftah dapat hadiah umroh dari salah satu anggota DPR RI

Jakarta, IDN Times - Atlet blind Judo asal Indonesia Miftahul Jannah didiskualifikasi dari pertandingan Asian Para Games 2018. Pasalnya, Miftah, begitu ia akrab disapa menolak melepas hijab yang digunakannya.

Dalam aturan judo internasional, para atlet memang dilarang menggunakan penutup kepala karena alasan keselamatan. Bersikukuh menggunakan hijab, Miftah kehilangan kesempatan bertanding di Asian Para Games 2018 pada Senin (8/10).

1. Tak kecewa dengan keputusannya meski didiskualifikasi

Miftahul Tak Menyesal Didiskualifikasi Karena HijabIDN Times / Helmi Shemi

Bagi Miftah, keputusannya untuk tetap menggunakan hijab merupakan bukti ia memegang teguh prinsip. Bagi Miftah, prinsip dan aturan seharusnya saling menghormati dan keduanya baik untuk dijalankan.

Meski harus didiskualifikasi dan gagal mewakili Indonesia pada cabang olahraga blind judo, Miftah mengaku tak kecewa dan menyesal.

"Karena itu, sudah pendirian Miftah Dari jauh hari, sudah tahu. Miftah mengambil komitmen tidak ikut bertanding jika hijab harus dibuka," tambahnya ditemui di GBK Arena, hari ini (9/10).

2. Rekomendasikan ada hijab khusus untuk para atlet judo

Miftahul Tak Menyesal Didiskualifikasi Karena HijabIDN Times/Gregorius Aryodamar

Tak ingin ada kejadian serupa terulang, Miftah menyarankan agar ada hijab khusus yang bisa didesain untuk para atlet judo. Hal ini dirasa perlu agar tak lagi ada yang harus terhalang untuk berlaga karena menggunakan penutup kepala yang dirasa tak sesuai aturan.

Hal senada juga disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi saat mendampingi Miftah mengadakan konferensi pers di GBK Arena, Jakarta.

"Meminta federasi judo internasional untuk membuat regulasi yang lebih lentur," kata Imam. "Jilbab yang memungkinkan ada bahaya atau cedera supaya didesain ulang. Cabang olahraga lain begitu," katanya menambahkan.

3. Dapat hadiah umroh dari salah satu anggota DPR

Miftahul Tak Menyesal Didiskualifikasi Karena HijabIDN Times/Irfan Fathurochman

Salah satu anggota DPR RI yang juga Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini memberi hadiah kepada judoka asal Aceh tersebut. Jazuli menghadiahi Miftah tiket untuk menunaikan ibadah umroh.

"Sampaikan terima kasih kepada beliau yang telah memberikan tiket umroh," kata Miftah menitipkan ucapan terima kasihnya lewat awak media. "Mungkin itulah hadiah emas buat Miftah yang gagal mengikuti Asian Para Games 2018," katanya lagi.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya