Neraka di Tunggal Putra Kejuaraan Dunia 2021

Tunggal putra Kejuaraan Dunia 2021 penuh kejutan

Jakarta, IDN Times - Sektor tunggal putra memberi kejutan sejak awal Kejuaraan Dunia 2021 berlangsung. Bahkan, di babak 16 besar saja, diprediksi akan berlangsung ketat setelah sejumlah unggulan tumbang.

Tersingkirnya peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Viktor Axelsen, tentu jadi kejutan terbesar Kejuaraan Dunia 2021. Setelah Axelsen tumbang, maka bisa dipastikan tunggal putra yang selama ini cuma jadi underdog, bisa meledak.

Babak 16 besar akan menjadi buktinya. Diprediksi para underdog akan meledak di fase ini. Berikut delapan laga di tunggal putra yang menarik buat disimak persaingannya pada malam ini WIB (16/12/2021).

1. Kevin Cordon vs Lakshya Sen

Neraka di Tunggal Putra Kejuaraan Dunia 2021Kevin Cordon, pebulu tangkis Guatemala (instagram.com/olympics.bwfbadminton.com)

Tunggal Guatemala, Kevin Cordon, menjadi salah satu yang patut disaksikan kiprahnya. Cordon akan menghadapi tunggal India, Lakshya Sen, dalam babak 16 besar. 

Ini merupakan kali pertama keduanya jumpa. Pastinya, duel keduanya akan menjadi menarik.

2. Nhat Nguyen vs Zhao Jun Peng

Neraka di Tunggal Putra Kejuaraan Dunia 2021Pertandingan Nhat Nguyen (Irlandia) melawan Chou Tien Chen (Taiwan) di Denmark Open 2020 (Youtube.com/Tangkap Layar BWF TV)

Duel dua non-unggulan juga hadir di tunggal putra. Wakil Republik Irlandia, Nhat Nguyen, akan berhadapan dengan tunggal China, Zhao Jun Peng.

Pertandingan ini akan jadi pertemuan kedua bagi Nhat melawan Zhao. Terakhir kali keduanya bertemu di ajang Syed Modi International Badminton Championships 2019.

Kala itu, laga dimenangkan Zhao Jun Peng dalam dua game langsung dengan skor 21-9, 21-16.

Nhat langsung lolos ke babak kedua setelah Jonatan Christie mundur dari turnamen. Nhat lolos ke 16 besar setelah mengalahkan Toby Penty dengan skor 21-17, 23-21.

Sementara, Zhao lolos ke babak 16 besar setelah menumbangkan unggulan ke-10 asal Taiwan, Wang Tzu Wei, dan wakil Jepang, Koki Watanabe.

3. Lu Guang Zu vs Kidambi Srikanth

Neraka di Tunggal Putra Kejuaraan Dunia 2021bwfworldtour.bwfbadminton.com

Wakil China, Lu Guang Zu akan jalani laga ketat melawan unggulan India, Kidambi Srikanth. Ini duel kedua buat Lu dan Kidambi.

Mereka terakhir kali bertemu di ajang India Open 2019. Kala itu, pertandingan dimenangkan Kidambi dalam dua game langsung dengan skor 21-11, 21-16.

Baca Juga: 5 Bintang Tunggal Putra Terlempar dari Kejuaraan Dunia, Ada Axelsen

4. Brian Yang vs Mark Caljouw

Neraka di Tunggal Putra Kejuaraan Dunia 2021Tunggal putra kanada Brian Yang (Instagram.com/byang2001)

Brian Yang, tunggal putra Kanada yang sedang naik daun, bisa menorehkan sensasi lainnya di Kejuaraan Dunia 2021. Dia akan menghadapi wakil Belanda, Mark Caljouw.

Ini juga menjadi duel kedua buat mereka. Sebelumnya, mereka sempat jumpa di Hylo Open 2020. Kala itu, Mark menang dengan skor 21-18, 21-17.

5. Hans-Kristian Solberg Vittinghus vs Lee Zii Jia

Neraka di Tunggal Putra Kejuaraan Dunia 2021Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia di All England 2021 (Dok.IDN Times/Badminton Photo)

Laga wakil Denmark Hans-Kristian Solberg Vittinghus kontra wakil Malaysia, Lee Zii Jia, juga jadi perhatian di babak 16 besar. Bahkan, bisa dibilang ini partai paling panas.

Keduanya terbilang punya peluang yang sama untuk tembus perempat final. Laga ini akan jadi kali ketiga bagi Vittinghus dan Lee Zii Jia berduel. Berdasarkan head to head, Lee Zii Ja unggul 2-0 kontra Vittinghus.

6. Lee Cheuk Yiu vs Anders Antonsen

Neraka di Tunggal Putra Kejuaraan Dunia 2021bwfbadminton.com

Tunggal putra Hong Kong, Lee Cheuk Yiu, akan jalani partai berat ketika menghadapi unggulan ketiga asal Denmark, Anders Antonsen. Pertandingan ini jadi kali kelima keduanya bertemu.

Secara head to head, Antonsen unggul dengan mengemas tiga kemenangan atas Lee. Terakhir kali keduanya bertemu di French Open 2021.

Kala itu, Lee memberi kejutan dengan taklukkan Antonsen dalam dua game langsung dengan skor 21-19, 21-19.

7. Rasmus Gemke vs Prannoy H.S

Neraka di Tunggal Putra Kejuaraan Dunia 2021badmintoneurope.com

Tunggal putra Denmark, Rasmus Gemke, bakal memanaskan babak 16 besar Kejuaraan Dunia kala jumpa Prannoy HS. Ini menjadi partai maut kedua, selain Lee kontra Vittinghus, di babak 17 besar Kejuaraan Dunia.

Secara rekor Gemke unggul 2-0 ataa Prannoy. Keduanya terakhir bertemu di Fuzhou China Open 2019. Gemke saat itu menang dalam dua game langsung dengan skor 21-17, 21-18.

8. Kantaphon Wangcharoen vs Loh Kean Yew

Neraka di Tunggal Putra Kejuaraan Dunia 2021bwfbadminton.com

Laga sengit lainnya yang akan berlangsung mempertemukan unggulan ke-16 asal Thailand, Kantaphon Wangcharoen kontra bintang muda Singapura, Loh Kean Yew.

Laga perebutan tiket perempat final Kejuaraan Dunia jadi kali kedua untuk keduanya saling berhadapan.

Kantaphon dan Loh terakhir kali bertemu enam tahun lalu di ajang Singapore Interantional Series. Kala itu, pertandingan dimenangkan Loh Kean Yew usai jalani drama rubber game dengan skor 19-21, 21-14, 11-1.

Kantaphon kala itu memutuskan mundur dari pertandingan usai tertinggal 1-11.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia 2021 yang Tak Bersahabat Buat Unggulan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya