Comscore Tracker

Olimpiade Tokyo 2020 Dimulai, Merah Putih Berkibar di Jepang

Bendera Indonesia berkibar di tangan Rio Waida

Jakarta, IDN Times - Gelaran Olimpiade Tokyo 2020 resmi dibuka hari ini, Jumat (23/7/2021) malam. Dalam upacara pembukaan, sang saka Merah Putih berkibar.

Merah Putih berkibar di tangan salah satu putra terbaik bangsa, Rio Waida, atlet Surfing Tanah Air.

Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 digelar di Stadion Olympic, Jepang.

Baca Juga: Sunyi Senyap dalam Indahnya Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

1. Rio Waida kibarkan Merah Putih dengan baju adat Bali

Olimpiade Tokyo 2020 Dimulai, Merah Putih Berkibar di JepangRio Waida kenakan pakaian adat bali untuk upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 (Instagram.com/timindonesiaofficial)

Di tangan Rio Waida (Surfing), Bendera Merah Putih berkibar indah dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Dalam defile atau parade of nation, kontingen Indonesia tampak mengenakan jas kontingen berwarna putih dengan bagian dalam merah dan masker berwarna senada.

Rio Waida yang bertugas menjadi pembawa bendera membawa Sang Saka Merah Putih mengenakan baju adat Bali, Payas Madya.

2. Ada 10 personel mewakili kontingen Indonesia

Olimpiade Tokyo 2020 Dimulai, Merah Putih Berkibar di JepangKontingen Indonesia di Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 (Dok.IDN Times/NOC Indonesia)

Dalam parade di upacara pembuka, Indonesia diwakili oleh 10 personel yang membawa Bendera Merah Putih kecil.

“Kontingen Indonesia hanya hadir 10 personel, tetapi semangat kami mewakili semua wakil Merah Putih, bahkan masyarakat Indonesia yang menyaksikan Olimpiade Tokyo ini dari rumah masing-masing,” kata Chef de Mission Olimpiade Tokyo 2020 Rosan P Roeslani.

Perarakan personel diiringi musik bertema video game dan plakat manga dengan desain khusus, saat diumumkannya parade dari negara yang berpartisipasi di Olimpiade kali ini.

3. Dua tim yang jadi sorotan di upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo 2020 Dimulai, Merah Putih Berkibar di JepangRefugee Team dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 (Twitter.com/@Olympics)

Tercatat ada 206 kontingen dari seluruh dunia yang berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020. Dua diantaranya paling disoroti, yaitu Refugee Olympic Team (EOR) dan kontingen Rusia. 

Refugee Olympic Team (EOR) menjadi sorotan karena mereka berlaga di bawah bendera Olimpiade. Sedangkan kontingen Rusia yang tergabung dalam Russian Olympic Committee (ROC), tak diizinkan mengibarkan bendera negaranya lantaran masih terkena penalti atas kasus dopping yang sempat dilakukan perwakilannya.

Kontingen Rusia berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 di bawah bendera Olimpiade.

Baca Juga: Hasil Lengkap Tim Panahan Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya