Olimpiade Tokyo 2020 Tertutup Buat Suporter Asing

Pawai obor Olimpiade juga akan digelar tanpa penonton

Jakarta, IDN Times - Jepang memutuskan untuk menyelenggarakan gelaran olahraga akbar dunia, Olimpiade Tokyo 2020, tanpa penonton dari luar negeri.

Keputusan ini diambil dengan pertimbangan menekan angka penyebaran COVID-19 yang masih mewabah hingga sekarang. Ditambah, dengan kebijakan ini, atlet, ofisial, dan elemen lainnya, bisa terlindungi dari virus ini selama Olimpiade digelar musim panas 2021 mendatang.

Baca Juga: Diikuti 49 Persen Atlet Perempuan, Olimpiade Tokyo Cetak Sejarah

1. Olimpiade akan mulai digelar bulan Juli 2021

Olimpiade Tokyo 2020 Tertutup Buat Suporter Asingwww.olympic.org

Melansir dari Bellingham Herald, gelaran Olimpiade Tokyo 2020 rencananya akan digelar mulai 23 Juli 2021 mendatang. Gelaran akbar dunia ini rencananya digelar tanpa kehadiran penonton dari luar negeri.

"Di situasi saat ini, tidak mungkin membawa masuk penonton luar negeri," ujar salah satu official seperti dilansir dari Bellingham Herald.

2. Ada 900 ribu tiket terjual di luar Jepang

Olimpiade Tokyo 2020 Tertutup Buat Suporter AsingANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Rencana ajang Olimpiade Tokyo 2020 tanpa penonton jadi langkah kongkret panitia penyelenggara untuk mengutamakan keselamatan publik di Jepang.

Melansir dari ANTARA, sebanyak 900 ribu tiket sebenarnya telah terjual di luar Jepang. Namun, keputusan resmi mengenai penyelenggaraan dengan atau tanpa penonton dikeluarkan di kemudian hari.

Di sisi lain, ada survei yang menyatakan warga Jepang menolak kehadiran suporter asing dalam Olimpiade 2020 nanti. Hasil survei Yomuri Shimbun menunjukkan, lebih dari 75 persen warga Jepang menolak Olimpiade digelar dengan kehadiran penonton dari luar negeri.

3. Pawai obor akan digelar tanpa penonton

Olimpiade Tokyo 2020 Tertutup Buat Suporter AsingObor Olimpiade Tokyo 2020. (Instagram.com/tokyo2020)

Pawai obor, yang menjadi tradisi Olimpiade sebelum dimulai, rencananya juga akan berlangsung tanpa penonton. Namun, fans dipastikan dapat menyaksikannya di sepanjang jalur yang dilewati.

Pawai obor rencananya mulai digelar pada 25 Maret 2021 mendatang. Pawai obor direncanakan start dari Fukushima, Jepang.

Semula, direncanakan 3.000 penonton akan datang ke titik start pawai obor ini. Namun, kemungkinan besar skema menghadirkan penonton bakal dilarang.

Baca Juga: Aroma Politik Olimpiade Tokyo Antara AS, Korsel, dan Korut

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya