PB Djarum Tak Tutup Peluang Bina Atlet Disabilitas

Bisa masuk lewat jalur Super Tiket dari para legenda

Kudus, IDN Times - Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum 2022, Sigit Budiarto menyatakan, PB Djarum tak menutup kemungkinan untuk membina atlet disabilitas. Termasuk jika mereka lolos dari Audisi Umum PB Djarum 2022.

"Saya melihat bahwa mereka sudah maksimal. Saya sangat apresiasi buat mereka dengan kondisi seperti itu mereka berani datang, mereka berani tampil, terus bersaing dengan teman-teman yang bisa dikatakan normal," ujar Sigit di GOR Djarum Jati, Kudus pada Sabtu (22/10/2022).

1. Dua peserta disabilitas gugur hari ini

PB Djarum Tak Tutup Peluang Bina Atlet DisabilitasPeserta disabilitas di Audisi Umum PB Djarum 2022, Kenji Satria Pamungkas (Dok.Istimewa)

Dari dua ribu lebih peserta yang mendaftar di Audisi Umum PB Djarum 2022, dua peserta disabilitas ikut bersaing. Mereka adalah Kenji Satria Pamungkas (Klaten) dan Leonardus Gamma Tirta Putra Harjanto (Solo).

Keduanya terlahir dengan kondisi tangan kanan yang tidak sempurna. Mengadu nasib demi mencapai impian jadi pebulu tangkis, keduanya gugur di tahapan ketiga Audisi Umum PB Djarum 2022 pada babak turnamen.

"Mereka bisa sampai ke babak ini menurut saya bukan jelek. Mereka mainnya bagus-bagus," ujar Sigit.

Baca Juga: Mencari Srikandi Bulu Tangkis Baru di Audisi Umum PB Djarum 2022

2. Ada peluang dapat Super Tiket

PB Djarum Tak Tutup Peluang Bina Atlet DisabilitasKetua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum 2022, Sigit Budiarto (IDN Times/Margith Juita Damanik)

PB Djarum menyediakan Super Tiket untuk para peserta yang akan lolos dari tahap turnamen menuju tahapan keempat Audisi Umum PB Djarum 2022, tahap karantina.

Nantinya, empat peserta dari kategori putri (U-11 dan U-13) yang bertahan hingga babak final tahap turnamen akan mendapatkan Super Tiket tersebut. Sementara dari kategori putra (U-11 dan U-13), 12 Super Tiket disediakan.

Selain itu, ada juga Super Tiket yang akan diberikan berdasarkan penilaian para legenda bulu tangkis yang masuk dalam tim pencari bakat. Bagi peserta yang gugur di tahap turnamen, super tiket ini bisa jadi peluang untuk menembus tahap karantina. Termasuk untuk dua peserta disabilitas tadi.

"Kami melihat nanti hasil dari kami meeting bersama dengan para legend, dengan para pelatih yang ada di PB Djarum, hasilnya seperti apa nanti kita tunggu aja. Ada kemungkinan juga (dapat Super Tiket)," ujar Sigit.

3. Sudah ada nama calon penerima Super Tiket

PB Djarum Tak Tutup Peluang Bina Atlet DisabilitasTahap screening kedua Audisi Umum PB Djarum 2022 (Dok. Istimewa)

Koordinator Atlet Putra Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum 2022, Fung Permadi mengatakan sudah mengantongi nama-nama calon pemegang Super Tiket tahun ini untuk kategori putra U-11 dan U-13.

"Sudah ada beberapa kandidat tapi kami akan pantau terus. Setiap kelompok usia akan kami petakan lagi demi mendapatkan pemain-pemain yang secara tahun kelahiran kami harapkan tidak ada yang kosong," kata Fung Permadi.

Beberapa penilaian menjadi pertimbangan. Mulai dari teknik dasar bermain, semangat bermain, dan touch pukulan para peserta.

Baca Juga: PB Djarum Siapkan Super Tiket di Audisi Umum 2022

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya