PBSI Resmi Mundur dari 3 Turnamen di India

3 turnamen BWF digelar di India pada Januari 2022

Jakarta, IDN Times - Skuad timnas bulu tangkis Indonesia memutuskan mundur dari tiga turnamen yang akan digelar di India awal 2022. Performa para atlet yang tidak akan optimal jadi salah satu pertimbangan pengambilan keputusan ini.

Tiga turnamen akan dimulai dari India Open 2022 (11-16 Januari 2022), Syed Modi India International (18-23 Januari 2022), dan Odisha Open 2022 (25-30 Januari 2022).

"Performa pemain diprediksi tidak akan maksimal. Mereka baru saja rehat dari menjalani pertandingan dengan intensitas yang demikian tinggi dan terus menerus sejak September hingga Desember. Baik tim utama, pelapis maupun junior," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky dalam keterangan pers.

1. Persiapan atlet dianggap tidak akan maksimal

PBSI Resmi Mundur dari 3 Turnamen di Indiabadmintonindonesia.org

Selain intensitas bermain yang sudah cukup tinggi bagi para atlet sejak September 2021 lalu, liburnya Pelatnas PBSI juga menjadi salah satu pertimbangan PBSI. Persiapan para atlet dinilai tidak akan maksimal dengan kondisi ini.

"Persiapan pemain juga kurang optimal karena terganggu dengan kegiatan libur merayakan Natal dan Tahun Baru 2022. Seluruh penghuni Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, sejak 18 Desember 2021 dikembalikan ke klubnya masing-masing. Dengan kondisi seperti ini, persiapan pemain tidak akan maksimal," ujar Rionny.

Baca Juga: Dualisme PBSI Medan, Ini yang Diakui PBSI Sumut

2. Indonesia belum tentukan turnamen

PBSI Resmi Mundur dari 3 Turnamen di IndiaInstagram/@badminton.ina

BWF telah merilis deretan turnamen yang akan digelar sepanjang 2021 mendatang. Namun, para penghuni pelatnas PBSI belum resmi menentukan turnamen mana yang akan diikuti dalam waktu dekat.

"Belum diagendakan untuk mengikuti turnamen," kata Kabid Humas PP PBSI , Broto Happy saat dihubungi IDN Times pada Kamis (16/12/2021) lalu.

Mundurnya para penghuni Pelatnas dari 3 turnamen di India membuat skuad Indonesia berkembang Kinan kembali ke lapangan pertandingan di deretan turnamen Eropa pada Maret 2022 mendatang. Termasuk turnamen Super 1000 All England 2022.

3. Indonesia mundur dari Kejuaraan Dunia

PBSI Resmi Mundur dari 3 Turnamen di IndiaInstagram.com/@badminton.ina

Ajang Kejuaraan Dunia 2021 menjadi turnamen terakhir di tahun 2021. Skuad pelatnas PBSI mundur dari ajang bergengsi tersebut.

Kejuaram Dunia 2021 berlangsung di Huelva, Spanyol pada 12-19 2021. Mengutamakan kesehatan dan keselamatan para atlet dan official di tengah situasi COVID-19 yang belum membaik di Eropa dan juga adanya varian Omicron jadi pertimbangan PBSI menarik mundur pasukannya.

Baca Juga: BWF Kecewa PBSI Tarik Mundur Pasukan dari Kejuaraan Dunia 2021

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya