PBSI Targetkan 4 Medali Emas dari SEA Games 2023 Kamboja

Turunkan 14 wakil untuk bertanding

Jakarta, IDN Times - Skuad bulu tangkis Indonesia ditargetkan menyumbang empat medali emas dari SEA Games 2023 Kamboja. Sebanyak 14 wakil diturunkan untuk berlaga dalam ajang multievent yang akan digelar pada 5-17 Mei 2023 mendatang di Phnom Penh, Kamboja.

Menghadapi SEA Games, PBSI menurunkan skuad campuran alias gado-gado. Mereka mengombinasikan pemain utama dan pelapis demi menghadapi SEA Games 2023.

Kebijakan ini diambil karena tak mau mengganggu fokus pemain utama yang akan diterjunkan di Piala Sudirman 2023. Maklum, Piala Sudirman 2023 sudah menjadi ajang yang masuk dalam perhitungan kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

1. Targetkan empat medali emas

PBSI Targetkan 4 Medali Emas dari SEA Games 2023 KambojaChico Aura Dwi Wardoyo di Japan Open 2022 (dok. PP PBSI)

PBSI menargetkan skuad Garuda untuk meraih empat medali emas dari SEA Games 2023. Dari skuad yang diturunkan, tunggal dan ganda putra bisa dibilang jadi yang paling diandalkan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky, optimistis skuad yang diturunkan bisa memenuhi target.

"Dengan target empat medali emas, saya rasa ini adalah tim yang kuat karena beberapa dari mereka akhir-akhir ini menampilkan prestasi yang cukup baik," kata Rionny, mengutip siaran pers PBSI, Senin (10/4/2023).

Baca Juga: PBSI Turunkan Tim Gado-gado di SEA Games 2023

2. Skuad gado-gado ditetapkan lewat perhitungan matang

PBSI Targetkan 4 Medali Emas dari SEA Games 2023 KambojaEster Nurumi Tri Wardoyo di Piala Suhandinata 2022 (dok. PP PBSI)

PBSI memutuskan mencampurkan kekuatan pemain utama dan pelapis di ajang SEA Games 2023. Modal kekuatan gado-gado ini dianggap jadi formula paling baik untuk skuad Garuda berebut tiket jadi juara.

"Semua pemain ini sudah punya performa, kualitas dan level yang baik, tinggal bagaimana nanti saya dan tim pelatih memberikan keyakinan agar mereka lebih percaya diri. Kelihatannya kecil tapi tekanannya sebenarnya besar jadi jangan sampai tertekan," kata Rionny.

3. Skuad bulu tangkis Indonesia untuk SEA Games 2023

PBSI Targetkan 4 Medali Emas dari SEA Games 2023 KambojaZachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela di Kejuaraan Dunia 2022 (dok. PP PBSI)

Berikut Skuad Indonesia di SEA Games 2023:
Tunggal Putra:
1. Chico Aura Dwi Wardoyo
2. Shesar Hiren Rhustavito
3. Christian Adinata
4. Alwi Farhan

Tunggal Putri:
1. Komang Ayu Cahya Dewi
2. Ester Nurumi Tri Wardoyo
3. Stephanie Widjaja
4. Mutiara Ayu Puspitasari

Ganda Putra:
1. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri
2. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

Ganda Putri:
1. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
2. Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari

Ganda Campuran:
1. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
2. Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela

Baca Juga: Penghormatan Junior Buat Syabda Belawa di SEA Games 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya