Comscore Tracker

Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas? Ini Kata Eks Manajer PSM Makassar

Menpora dan Ketum PSSI juga dukung naturalisasi

Jakarta, IDN Times - Mantan manajer PSM Makassar, Widya Syadzwina, menyampaikan pendapatnya terkait dengan pelibatan pemain naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Widya mengaku tak masalah dengan usulan tersebut.

"Saya pikir tiap warga negara yang memiliki kemampuan dan lolos seleksi timnas ya bisa saja mereka diberi kesempatan untuk menjadi salah satu pemain yang mewakili Indonesia," kata Widya dalam Ngobrol Seru Indonesia Menyambut Piala Dunia U-20 2021 dan Restart Liga 1 yang ditayangkan live lewat kanal YouTube IDN Times, Jumat (10/7/2020).

1. Wina sebut pemain naturalisasi juga bisa masuk timnas

Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas? Ini Kata Eks Manajer PSM MakassarMantan manager PSM Makssar, Widya Swadzwina dalam Webinar IDN Times (YouTube.com/IDN Times)

Menurut Wina, begitu Widya akrab disapa, tak ada masalah jika pemain naturalisasi terpilih untuk bisa masuk dalam jajaran timnas dan memperkuat tim Indonesia. Termasuk untuk gelaran Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia pada 2021 mendatang.

"Apakah itu pemain naturalisasi atau murni orang Indonesia bukan naturalisasi. Siapa saja selama mereka Warga Negara Indonesia, sudah sah menjadi warga negara Indonesia," ujar Wina.

Baca Juga: 10 Potret dan Fakta Kim Kurniawan, Pesepak Bola Naturalisasi Indonesia

2. Ketum PSSI tak tutup kemungkinan pemain naturalisasi perkuat Timnas

Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas? Ini Kata Eks Manajer PSM MakassarNgobrol Seru Indonesia Menyambut Piala Dunia U-20 2021 dan Restart Liga 1⁣⁣ (YouTube.com/IDN Times)

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Yang sudah ada di klub-klub, yang bagus bisa saja kita lakukan," kata Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan pada kesempatan yang sama.

"Yang di luar nanti kita lihat. Syukur-syukur ada korelasinya turunan kakek atau neneknya ada di Indonesia," lanjut dia.

Namun menurut Iwan Bule, Indonesia masih memiliki cukup banyak stok pemain yang bagus di dalam negeri.

"Kita masih punya cadangan pemain di Garuda Select. Bagus-bagus. Cukup membanggakan mereka," kata Iwan.

3. Pemain Garuda Select dipertimbangkan perkuat Timnas

Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas? Ini Kata Eks Manajer PSM MakassarGaruda Select siapkan menu latihan berbeda selama masa rehat di Inggris (Dok. Mola TV)

Performa tim Garuda Select tampaknya cukup membekas bagi ketua Umum PSSI. Mereka bahkan cukup dipertimbangkan untuk turut memperkuat timnas.

"Bisa dilihat di pertandingan bahwa mereka ya cukup membanggakan mainnya. Kita akan maksimalkan pemain-pemain yang ada di Garuda Select yang permainannya luar biasa," ujar Iwan.

Baca Juga: Soal Naturalisasi Pemain, Ini Sikap Menpora dan Ketum PSSI

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya