Pemerintah Gak Kaget Indonesia Gagal Gelar Olimpiade 2032

Indonesia tak tutup peluang untuk coba jadi tuan rumah 2036

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, mengaku tak terkejut dengan hasil keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) atas terpilihnya, Brisbane, Australia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. Keputusan itu sudah bisa ditebak lantaran situasi yang berkembang dan format pertemuan terbatas IOC.

"Karena IOC dalam pertemuan terbatas sudah memastikan, kemungkinan 2032 Brisbane dan nanti formalitas akan diumumkan secara terbuka pada saat General Assembly di Tokyo. Jadi kami gak kaget," ujar Gatot saat dihubungi IDN Times pada Rabu (21/7/2021) sore.

1. Peluang Indonesia tipis bukan informasi baru

Pemerintah Gak Kaget Indonesia Gagal Gelar Olimpiade 2032IDN Times/Helmi Shemi

Gatot mengatakan, sebenarnya informasi mengenai gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 bukan hal baru. Sejak bulan lalu, informasi ini nyatanya sudah pernah disuarakan kepada publik.

"Sebetulnya kami sudah tahu lama ya. Ada pernyataan saya pada 11 Juni 2021 kalau gak salah, yang menyampaikan kami telling the truth kepada publik, peluang Indonesia itu tipis," ujar Gatot.

Baca Juga: Gagal Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Indonesia Bidik 2036

2. Indonesia tak tutup peluang untuk menjadi tuan rumah di 2036

Pemerintah Gak Kaget Indonesia Gagal Gelar Olimpiade 2032Monumen Cincin Olimpiade terlihat di depan kantor pusat Komite Olimpiade Jepang (JOC) dekat Stadion Nasional, stadion utama untuk perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 yang ditunda ke 2021 akibat pandemi virus corona (COVID-19), di Tokyo, Jepang, Rabu (23/6/2021), di hari yang menandai satu bulan menjelang pembukaan Olimpiade. ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato.

Olimpiade merupakan gelaran olahraga akbar kelas dunia yang berlangsung tiap empat tahun sekali. Gatot mengatakan Indonesia tidak menutup peluang untuk menjadi tuan rumah di 2036.

"Tidak menutup peluang. Tapi, prosedural kan nanti harus kami laporkan kepada Presiden dulu oleh pak Menpora," ujar Gatot.

Menurutnya, saat ini Kemenpora masih menunggu laporan resmi tertulis dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) terkait dengan hasil pertemuan di Tokyo hari ini, Rabu (21/7/2021).

3. Brisbane jadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2032

Pemerintah Gak Kaget Indonesia Gagal Gelar Olimpiade 2032realestateview.com.au

Dalam pemungutan suara anggota IOC yang dihelat di Tokyo, Rabu (21/7/2021), Brisbane jadi calon tunggal yang masih mendapatkan dukungan Future Host Commission IOC untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Hari yang bersejarah untuk Australia. Terima kasih kepada semua anggota IOC yang telah memberikan kepercayaan kepada kami. Olimpiade 2032 Brisbane akan jadi yang terbaik dalam sejarah," ujar John Coates, ketua NOC Australia sekaligus Wakil Presiden IOC, dilansir The Guardian.

Baca Juga: 3 Fakta Usai Brisbane Kalahkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade  

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya