Pensiun dari Bulu Tangkis, Tontowi Ahmad: Selamat Tinggal 

"Saya bangga dengan apa yang sudah saya capai."

Jakarta, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari atlet ganda campuran bulu tangkis Indonesia Tontowi Ahmad. Owi, begitu Tontowi disapa, memutuskan untuk pensiun dari dunia bulu tangkis pada Senin (18/5).

"Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna," tulis Owi dalam akun Instagramnya (@tontowiahmad_). 

Dalam unggahan tersebut Owi menyertai foto dirinya dilengkapi tagar retired. Foto tersebut diunggahnya sekitar pukul 05.00 WIB.

1. Pamit di tengah pandemik, tak ada pertandingan terakhir untuk Owi

Pensiun dari Bulu Tangkis, Tontowi Ahmad: Selamat Tinggal Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu lolos ke babak kedua Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Pengumuman gantung raket ini disampaikan Owi di tengah masa pandemik COVID-19. Sehingga tidak ada turnamen perpisahan buat atlet Indonesia yang pernah membawa pulang medali emas Olimpiade ini. 

"Memang saya mengharapkan saya bisa menyudahi ini di puncak podium tapi inilah hidup tidak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini," tulis Owi dalam captionnya. "Tapi apa pun yang terjadi saya saya sangat bersyukur bisa berada di posisi saya sekarang ini." 

2. Ucapkan terima kasih untuk seluruh pendukung kariernya

Pensiun dari Bulu Tangkis, Tontowi Ahmad: Selamat Tinggal Instagram.com/merryelisabethpandia

Owi mengenang banyak perjalanan susah dan senang yang telah dia lalui di dunia bulu tangkis. "Tapi saya bangga dengan apa yang sudah saya capai ,di mana saya bisa meraih puncak prestasi yang saya dan orangtua juga keluarga harapkan," lanjut Owi.

Tak lupa Owi mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas dukungan semua pihak dalam perjalanan kariernya. "Sekarang waktunya saya melanjutkan hidup untuk meraih kesuksesan di bidang lain," tutup Owi.

3. Isu Owi Pensiun sudah muncul sejak awal tahun 2020

Pensiun dari Bulu Tangkis, Tontowi Ahmad: Selamat Tinggal instagram.com/badminton.ina

Desas-desus pensiunnya Tontowi Ahmad sebenarnya bukan informasi baru. Pada Februari 2020 lalu foto percakapan antara Owi dan pelatih ganda campuran, Richard Mainaky beredar viral di sosial media.

Dalam percakapan tersebut Owi menyampaikan keinginannya untuk keluar dari pelatnas PBSI. Pasca ditinggal pensiun rekan lamanya, Liliyana Natsir atau yang akrab disapa Butet pada Januari 2019 lalu, Owi seolah kesulitan untuk mempertahankan sinarnya.
Sempat dipasangkan dengan Winny Oktavina Kandow, prestasi Owi bisa dikatakan tak segemilang saat bersama Butet.

Baca Juga: Gak Bareng Butet Lagi, Kariernya Meredup, Tontowi Ahmad Ingin Pensiun?

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya