Comscore Tracker

Perak Paralimpiade dan Aspirasi Kesetaraan Atlet Difabel

Pemerintah janji tak ada perbedaan bonus bagi para atlet

Jakarta, IDN Times - Atlet para lifter Indonesia, Ni Nengah Widiasih, mencatatkan prestasi ciamik di Paralimpiade Tokyo 2020. Ditargetkan cuma meraih medali perunggu, Widi malah menyabet perak dalam laga di Tokyo International Forum, Kamis (26/8/2021).

Widi berharap pencapaiannya bisa menggugah pemerintah untuk lebih memperhatikan atlet paralimpik.

"Selama ini, pemerintah selalu berjanji ada kesetaraan yang diberikan kepada mereka. Jadi senang dan semoga akan terus seperti itu. Pemerintah sudah luar biasa mendukung kami dan itu suatu penghargaan yang luar biasa," ujar Widi.

1. Menatap prestasi lainnya

Perak Paralimpiade dan Aspirasi Kesetaraan Atlet DifabelNi Nengah Widiasih, atlet para powerlifting di Paralimpiade Tokyo 2020. (ANTARA/HO-NPC Indonesia)

Keberhasilan meraih medali perak di Paralimpiade Tokyo telah memotivasi Widi. Dia langsung memasang target untuk sejumlah ajang internasional di masa mendatang.

Memang, sudah ada sejumlah agenda yang menanti, seperti ASEAN Para Games serta Asian Para Games.

"Semoga bisa lebih baik. Saya bersyukur mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia. Semoga teman-teman yang bertanding bisa termotivasi akan medali saya ini. Semoga Merah-Putih kembali berkibar," ujar Widi.

Baca Juga: [BREAKING] Indonesia Raih Medali Pertama di Paralimpiade Tokyo 2020

2. Bonusnya sama dengan atlet Olimpiade

Perak Paralimpiade dan Aspirasi Kesetaraan Atlet DifabelGreysia Polii bersama kontingen Indonesia usai isolasi mandiri sepulang dari Olimpiade Tokyo 2020 (Instagram.com/greyspolii)

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, memastikan para peraih medali Paralimpiade Tokyo akan menerima bonus yang sama dengan peraih medali Olimpiade Tokyo 2020.

"Sama (besar bonusnya). Dulu 2016 juga sama." ujar Gatot lewat pesan singkat kepada IDN Times, Kamis (26/8/2021).

Sebagai catatan, peraih medali emas Olimpiade Tokyo menerima bonus sebesar Rp5,5 miliar dari pemerintah. Lalu, yang menyabet medali perak menerima bonus Rp2,5 miliar dan perunggu sebesar Rp1,5 miliar. Jadi, para peraih medali Paralimpiade Tokyo akan menerima uang dalam jumlah tersebut

3.Widi bersyukur atas capaiannya meraih perak di Paralimpiade

Perak Paralimpiade dan Aspirasi Kesetaraan Atlet DifabelAtlet Para Angkat Berat Indonesia, Ni Nengah Widiasih sumbang medali perak di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. (dok. NPC Indonesia)

Widi mengaku begitu senang dengan pencapaiannya. Sebab, dia telah melewati target pribadi yang dipasangnya.

"Pastinya senang dan bangga banget karena sesuai dengan target pribadi. Saya bersyukur karena hari ini Merah Putih bisa berkibar," ujar Widi.

Baca Juga: Pencapaian Tak Terkira Widi di Paralimpiade Tokyo 2020

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya