Comscore Tracker

Performa Fitriani Menukik Drastis, Susy Susanti Beri Penjelasan

Fitriani kerap takluk di babak-babak awal

Jakarta, IDN Times - Menurunnya performa salah satu wakil tunggal putri Indonesia, Fitriani, disadari dan tengah dalam pembinaan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Nama Fitriani juga dipastikan tidak masuk daftar skuat Indonesia yang akan berangkat ke turnamen Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 di Filipina pada Februari mendatang.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, kondisi Fitriani saat ini sedang tidak dalam kondisi percaya diri yang optimal.

1. Tak dimainkan di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020

Performa Fitriani Menukik Drastis, Susy Susanti Beri PenjelasanIDN Times/Margith Juita Damanik

Nama Fitriani diturunkan dari daftar na a skuat yang akan memperkuat tim beregu putri di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020.

"Semua susunan terbaik, kecuali di tunggal putri tanpa Fitriani," kata Susy seperti dikutip dari badmintonindinesia.org pada Jumat (24/1).

"Karena kepercayaan diri dia sedang drop, kalau kami paksa dan dia kalah lagi, dia bisa frustrasi. Sekarang kalau latihan lagi ada pembenahan, sampai dia siap, semoga dia bisa lewati," kata Susy lagi menjelaskan kondisi Fitriani.

Baca Juga: [BREAKING] Juara Bertahan Thailand Masters Tumbang di Babak Pertama

2. Kerap gugur di babak-babak awal

Performa Fitriani Menukik Drastis, Susy Susanti Beri PenjelasanFitriani gugur di babak pertama Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Dalam beberapa turnamen terakhir, Fitriani kerap kali tersingkir di babak awal. Namanya juga tak masuk lagi dalam daftar 20 besar pemain dunia. Turun di tiga pertandingan selama awal 2020, Fitriani tiga kali gugur di babak pertama.

Pada turnamen Malayasia Masters 2020, Fitriani gugur dalam dua set melawan wakil Tiongkok, Cai Yan Yan dengan skor 10-21, 12-21.

Kembali turun di turnamen Indonesia Masters 2020, Fitriani gugur melawan wakil Tiongkok lainnya, Han Yue, dalam dua set langsung dengan skor 6-21, 17-21 di babak pertama.

Di turnamen Thailand Masters 2020 pekan ini, kembali Fitriani takluk di babak pertama melawan wakil tuan rumah, Pornpawee Chochuwong dalam dua set dengan skor 9-21, 16-21.

3. Padahal di tahun lalu, Fitriani sempat menjuarai Thailand Masters 2019

Performa Fitriani Menukik Drastis, Susy Susanti Beri PenjelasanFitriani gugur di babak pertama Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Setahun sebelumnya, pada Thailand Masters 2019, Fitriani sejatinya sukses mencapai podium tertinggi di tunggal putri. Mempermalukan wakil tuan rumah, Busanan Ongbamrungphan, kala itu Fitriani menang dalam dua set langsung dengan skor 21-12, 21-14.

Dalam proses pembinaan PBSI, tentu pencinta bulu tangkis berharap Fitriani dapat segera kembali ke performa terbaiknya dan mencoba peluang kembali berdiri di podium tertinggi.

Semangat, Fitriani! Comeback stronger!

Baca Juga: Juara Thailand Masters 2019, Ini 5 Fakta Tentang Fitriani

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya