Pernah Hancur pada 2012, Tontowi: Saya Down 1.000 Persen Kala Itu!

Jatuh-bangun karier dirasakan Owi bersama Liliyana Natsir

Jakarta, IDN Times - Mantan atlet ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, mengenang salah satu titik terendah dalam perjalanan kariernya di dunia bulu tangkis. Tahun 2012 diakuinya sebagai titik terendah dalam perjalanan karier mantan rekan Liliyana Natsir itu.

"Mau melangkah saja berat. Sampai saya pernah nulis status itu 'down 1000 persen'," kata Owi bercerita. Kisah itu menjadi salah satu dari banyak kisah perjalanan Owi di dunia bulu tangkis Tanah Air.

1. Kenang 2012 sebagai titik terendah dalan karier

Pernah Hancur pada 2012, Tontowi: Saya Down 1.000 Persen Kala Itu!bwfbadminton.com

Olimpiade 2012 menjadi Olimpiade pertama yang dijajaki Owi/Butet ketika London kala itu menjadi tuan rumah. Sayangnya, pagelaran akbar itu jadi memori kelam bagi dunia bulu tangkis Indonesia. Tradisi emas terhenti sebab Owi/Butet tak berhasil membawa pulang medali emas karena tunduk di babak semifinal.

"Komuniksi gak bagus sama Ci Butet. Permainan saya gak keluar," kata Owi bercerita situasi kala itu. Target di Olimpiade 2012 yang tak tercapai membuat tradisi emas Olimpiade terputus terlebih ketika saat itu Owi/Butet menjadi tumpuan asa Indonesia.

Setelah Olimpiade 2012, perjalanan justru menjadi berat bagi seorang Tontowi. Menurutnya bahkan untuk melangkah saja, terkadang dia tidak sanggup.

Baca Juga: Puja-puji Owi untuk Praveen Jordan: Ucok Pemain Spesial!

2. Lewati suka-duka bersama Butet sampai bawa pulang emas Olimpiade 2016

Pernah Hancur pada 2012, Tontowi: Saya Down 1.000 Persen Kala Itu!instagram.con/tontowiahmad_

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir dipasangkan pada 2010. Lalu selama 9 tahun bersama, suka-duka, capaian tertinggi, dan terendah dilewati Tontowi bersama Liliyana.

Gagal mencapai target di Olimpiade 2012, Tontowi/Liliyana juga sempat merasa terpuruk lantaran tak meraih gelar pada 2015. Setahun berselang, Owi/Butet bangkit dengan membawa pulang medali emas Olimpiade 2016 meski kala itu mereka bukan unggulan.

3. Owi akan rindu teriakan "Owi/Butet" di Istora

Pernah Hancur pada 2012, Tontowi: Saya Down 1.000 Persen Kala Itu!https://twitter.com/INABadminton

Lewat unggahannya di akun Instagram (@tontowiahmad_), Owi membulatkan tekad untuk gantung raket pada Senin (18/5). Ungkapan terima kasih disampaikannya terutama kepada bercinta bulu tangkis dan pendukung Owi/Butet.

Sorakan pendukung meneriaki Owi/Butet, terutama ketika berlaga di Istora, menurut Owi akan menjadi salah satu kenangan manis yang akan dirindukannya di masa pensiunnya.

Owi menyampaikan berniat untuk terjun di dunia bisnis properti. Namun sebelumnya dia akan menikmati masa pensiunnya dan berencana berlibur ke Korea Selatan bersama keluarganya.

Selain itu, Tontowi juga berniat untuk memboyong keluarganya menonton pertandingan All England 2021 mendatang.

Baca Juga: 14 Tahun Berkarier, Tontowi Ahmad Blak-blakan soal Lawan Terberatnya

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya