Comscore Tracker

Pilih Jadi Ketum ISSI, Kapolri Listyo Sigit Mundur Sebagai Sekjen PBSI

Kapolda Metro diusulkan jadi Sekjen PBSI

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi mundur dari posisi Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI). Hal ini diumumkan langsung Ketum PBSI Agung Firman Sampurna.

"Saya sudah menerima surat pengunduran diri Jenderal Listyo sebagai Sekretaris Jenderal PP PBSI tahun 2020-2024 kemarin (8/4/2021)," ujar Agung usai pelantikan PP PBSI periode 2020-2024 di Jakarta, Jumat (9/4/2021).

1. Kapolri Listyo Sigit jadi ketum ISSI

Pilih Jadi Ketum ISSI, Kapolri Listyo Sigit Mundur Sebagai Sekjen PBSIKapolri Listyo Sigit resmi melaunching ETLE tahap I (Dok. Humas Mabes Polri)

Baca Juga: Pengurus PBSI Resmi Dilantik, Kapolri Listyo Sigit Tetap Jadi Sekjen

Dalam keterangan tertulisnya, PBSI menyebutkan mundurnya Listyo Sigiti Prabowo sebagai Sekjen PP PBSI juga lantaran yang bersangkutan terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI).

Dijelaskan, dalam AD/ART PBSI pasal 14 ayat 2 butir g disebutkan semua jabatan di Pengurus Pusat/Pengurus Provinsi/Pengurus Kabupaten/Kota tidak boleh rangkap jabatan di semua tingkatan cabang olahraga lain selain cabang olahraga bulu tangkis.

"Kami menganggap keterpilihan beliau (jadi Ketum ISSI) adalah sesuatu yang positif agar pembinaan cabang-cabang olahraga itu mendapatkan dukungan yang memadai dari berbagai pejabat publik di Indonesia. Oleh karena itu kami mendukung keputusan beliau untuk menjadi Ketua Umum PB ISSI," kata Agung.

"Namun demikian kita juga sudah sama-sama tahu bahwa aturan itu melarang satu orang duduk di dua cabang olahraga sekaligus. Dan beliau paham tentang hal ini," tambahnya.

2. Listyo Sigit mengajukan sejumlah nama pengganti

Pilih Jadi Ketum ISSI, Kapolri Listyo Sigit Mundur Sebagai Sekjen PBSIKapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (ANTARA Jatim/Willy Irawan)

Agung Firman juga mengatakan Listyo mengajukan sejumlah nama pengganti yang dirasa cocok menempati jabatan Sekjen PBSI. Salah satu nama yang muncul adalah nama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran.

"Dalam waktu dekat, kami tim formatur akan segera membuat keputusan dari nama-nama tersebut," jelas Agung.

"Salah satu nama yang terkuat adalah Komisaris Jenderal (yang dimaksud ialah Irjen) Polisi Mohammad Fadil Imran," kata Agung lagi.

3. Nama Listyo Sigit masuk dalam jajaran PP PBSI yang dilantik KONI

Pilih Jadi Ketum ISSI, Kapolri Listyo Sigit Mundur Sebagai Sekjen PBSIPelantikan PP PBSI masa bakti 2020-2024 (Dok.IDN Times/PBSI)

Berdasarkan SK KONI nomor 04 Tahun 2021, nama Listyo masih masuk dalam jajaran PP PBSI dengan jabatan Sekjen. Hingga 2024 mendatang, Listyo seharusnya menjadi Sekjen PP PBSI di bawah komando Agung Fiman sebagai Ketua Umum.

Posisi Listyo memang sempat dipertanyakan terkait jabatannya sebagai Sekjen PP PBSI. Hal ini terkait dengan terpilihnya Kapolri Listyo sebagai Ketua Umum ISSI.

Baca Juga: Kontroversi Rangkap Jabatan Kapolri di PBSI dan ISSI

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya