Praveen Jordan Sulit Berdiri Akibat Cedera Punggung

Lekas pulih, Praveen Jordan!

Jakarta, IDN Times - Atlet ganda campuran Praveen Jordan, mengalami cedera punggung serius dan membuatnya tak bisa mentas di tur Asia Tenggara. Saking seriusnya, cedera yang dialami saat East Ventures Indonesia Open 2022 tersebut membuat Praveen sulit untuk berdiri tegak.

"Sekarang, sedang mau diobservasi ke Eka Hospital. Kemarin, keadaan terakhirnya susah jalan tegak," ujar Manajer PB Djarum, Fung Permadi, saat dihubungi IDN Times, Kamis (23/6/2022).

1. Terpaksa absen di tur Asia Tenggara

Praveen Jordan Sulit Berdiri Akibat Cedera PunggungPertandingan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti saat Indonesia Masters 2021. (dok. Humas PP PBSI)

Akibat cedera itu, Praveen harus istirahat total. Belum diketahui hingga kapan dia harus menepi. Tapi, Praveen sudah dipastikan absen dari tiga turnamen di Asia Tenggara, Malaysia Masters, Open, dan Singapore Open 2022.

"Keikutsertaan turnamen di Malaysia dan Singapura sudah dibatalkan. Dia sudah absen dari latihan, jalan saja susah," kata Fung.

2. Sebab Praveen cedera

Praveen Jordan Sulit Berdiri Akibat Cedera PunggungGanda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti memenangkan babak 32 besar Indonesia Masters 2022 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Cedera Praveen disebabkan oleh saraf yang terjepit di area punggung. Sebenarnya, ini cedera lama yang sudah dialami sejak Kejuaraan Asia 2022. Namun, pada East Ventures Indonesia Open 2022 lalu, cedera itu kambuh.

Dokter Octaviani menyatakan banyak sebab yang bikin cedera itu kambuh. Selain gerakan yang tiba-tiba dan eksplosif, tekanan berlebih pada saraf juga bisa memicu cedera tersebut.

"Berat badannya juga sempat meningkat, itu berpengaruh. Cuma, menurut saya, penyebab cederanya lebih ke gerakan. Tanpa disadari, gerakannya mendadak dan terlalu cepat, memberikan tekanan berlebih ke sarafnya," ujar Octaviani saat ditemui di Istora, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Praveen/Melati Mundur dari Indonesia Open 2022

3. Indonesia dihantam badai cedera

Praveen Jordan Sulit Berdiri Akibat Cedera PunggungGanda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo di Indonesia Masters 2021. (dok. Humas PP PBSI)

Tak cuma Praveen, ada Marcus Fernaldi Gideon, Mychelle Crhystine Bandaso, Marcus Fernaldi Gideon, serta Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, yang juga mundur dari tur di Asia Tenggara. Ketiganya harus absen karena mengalami hal serupa.

Namun, Mychelle tampaknya bisa lebih cepat pulih dan kemungkinan bisa main di Singapore Open 2022.

Baca Juga: Apa Penyebab Cedera Praveen di Indonesia Open 2022?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya