Comscore Tracker

Praveen/Melati Harap Hafiz/Gloria Lolos Kualifikasi Olimpiade 2020

Agar peluang Indonesia menjaga tradisi emas terbuka lebar

Jakarta, IDN Times - Pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktaviati dipastikan lolos kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Dari sektor ganda campuran, hingga kini Praveen/Melati masih menjadi satu-satunya wakil Indonesia di gelaran olahraga akbar tersebut.

Ingin kesempatan Indonesia untuk menjaga tradisi emas Olimpiade ganda campuran terbuka makin lebar, Praveen/Melati masih menaruh harap pada satu lagi pasangan ganda campuran Indonesia. Berdasarkan peringkat, pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi kandidat terkuat untuk menyusul Praveen/Melati ke Olimpiade.

1. Praveen/Melati saling bantu dengan Hafiz/Gloria

Praveen/Melati Harap Hafiz/Gloria Lolos Kualifikasi Olimpiade 2020Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja gugur di babak pertama Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Praveen dan Melati masih berharap salah satu rekan sepelatnasnya dapat turut berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Menurut Praveen, dia dan Melati tak jarang saling berbagi dengan Hafiz/Gloria, terutama dalam sesi latihan.

"Kalau sharing sih pasti ya. Karena kita latihan kan sama," kata Praveen saat melakukan konferensi pers penyerahan penghargaan kepada Juara All England 2020 dari PB Djarum, Kamis (11/6).

"Kita saling membantu juga dalam latihan," kata Praveen lagi.

Praveen juga menyebutkan jika Hafiz/Gloria lolos kualifikasi Olimpiade, maka peluang Indonesia menjaga tradisi emas juga semakin besar dan relatif aman.

Baca Juga: BWF Rilis Update Terbaru Aturan Kualifikasi ke Olimpiade 2020

2. Harapan besar emas Olimpiade di pundak Praveen/Melati

Praveen/Melati Harap Hafiz/Gloria Lolos Kualifikasi Olimpiade 2020badmintonindonesia.org

Menduduki peringkat empat dunia, Praveen/Melati memang menanggung harapan besar Indonesia untuk bisa membawa pulang medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Lebih-lebih ketika juara bertahan ganda campuran sebelumnya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses membawa pulang emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Sadar menjadi tumpuan harapan, Praveen mengaku tak menganggapnya sebagai beban. Dia justru menganggap harapan itu sebagai sebuah tantangan besar yang harus ditundukkan.

"Saya dan Mely (Melati) berkeinginan besar juga untuk meneruskan tradisi emas," kata Praven.

3. Indonesia punya 6 wakil untuk Olimpiade Tokyo 2020

Praveen/Melati Harap Hafiz/Gloria Lolos Kualifikasi Olimpiade 2020Greysia Polii/Apriyani Rahayu di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko0

Hingga saat ini, secara matematis, Indonesia memiliki enam wakil untuk berlaga di gelarah olahraga akbar dunia yang akan dilaksanakan di musim panas 2021 mendatang. Dua wakil Indonesia berasal dari sektor ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Dari sektor tunggal putra, Indonesia punya Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie sebagai wakil yang akan turun berlaga. Sedang di sektor ganda putri Indonesia memiliki Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pasangan Praveen/Melati masih menjadi satu-satunya wakil ganda campuran Indonesia.

Baca Juga: Praveen Jordan Tak Terbebani Target Emas Olimpiade

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya