Comscore Tracker

Profil Emilia Nova, Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games 2021

Perempuan pertama pembawa bendera Indonesia di SEA Games

Jakarta, IDN Times - Upacara pembukaan SEA Games 2021 tinggal menghitung jam. Acara akan berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam pukul 19.00 WIB, hari ini (12/5/2022).

Sejumlah atlet Indonesia akan memeriahkan upacara pembukaan dengan mengikuti defile. Dalam defile kali ini, bendera Merah-Putih akan dibawa oleh pelari gawang andalan Indonesia, Emilia Nova.

Emilia sekaligus menjadi atlet putri pertama yang bertugas sebagai pembawa bendera Indonesia sepanjang sejarah SEA Games.

1. Prestasi Emilia Nova

Profil Emilia Nova, Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games 2021Emilia Nova sumbang medali eams ke-70 dalam gealran SEA Games 2019 (Instagram.com/emilianovanv)

Emilia merupakan atlet berpretasi dari cabor atletik. Dia merupakan peraih medali perak SEA Games 2017 Kuala Lumpur dan Asian Games 2018. Pada gelaran SEA Games 2019 di Filipina, Emilia sumbang medali emas untuk Indonesia.

Baru-baru ini, Emilia Nova memenangkan 82nd Singapore Open Track & Field Championships 2022 di Home of Athletics, Kallang Sports Centre, Singapura pada pertengahan April 2022 lalu.

Baca Juga: Emilia Nova, Atlet Wanita Pertama Bawa Bendera Indonesia di SEA Games

2. Sempat alami cedera panjang

Profil Emilia Nova, Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games 2021instagram.com/emilianovanv

Emilia sempat alami cedera selama 11 bulan pada 2019 lalu. Momentum tersebut jadi titik terendah baginya.

Namun, Emilia tidak mau kalah dengan keadaan. Motivasinya untuk bangkit membawanya ke posisinya saat ini, membawa segudang prestasi untuk Merah-Putih.

3. Jadi perempuan pertama yang bawa bendera Indonesia di SEA Games

Profil Emilia Nova, Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games 2021Pelari putri Indonesia, Emilia Nova. (dok. NOC Indonesia)

Sebelum Emilia, Indonesia juga pernah memilih atlet putri Maria Natalia Londa sebagai pembawa bendera. Tapi, itu terjadi di Asian Games 2014. Dengan penunjukkan Emilia, dia resmi menjadi pembawa bendera pertama Indonesia di SEA Games.

Emilia menjelaskan pemilihannya jadi pembawa bendera Indonesia, menjadi bukti kesetaraan kaum perempuan di olahraga Indonesia. Emilia dijadwalkan bertanding pada 16 Mei 2022 di nomor 100 m lari gawang putri.

"Menurut saya, perempuan yang memiliki prestasi internasional itu keren banget karena menjadi juara susah di masa sekarang. Memang terkadang harus ada yang dikorbankan, tetapi semuanya itu sepadan," kata Emilia, akhir April 2022 lalu.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Pembukaan SEA Games 2021 Hari Ini

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya