PSSI Temui FIFA, Plt Menpora Titip Pesan Ini

Diminta agar tidak tabrak konstitusi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan tim akan menemui FIFA untuk membahas kepastian penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023, yang semula diagendakan akan berlangsung di Indonesia.

Mengetahui hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Muhadjir Effendy mengaku sudah menitipkan pesan kepada pihak PSSI yang akan melakukan pertemuan dengan FIFA.

"Ketika kami memberi masukkan kepada salah satu Wakil Ketua PSSI yang akan bernego dengan FIFA, saya sudah wanti-wanti, sudah saya sampaikan, jangan sampai menabrak konstitusi ini," ujar Muhadjir dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI pada Selasa (28/3/2023) malam WIB.

Baca Juga: Erick Thohir Terbang ke Swiss untuk Keberlangsungan Piala Dunia U-20

1. Bukan soal bela Palestina

PSSI Temui FIFA, Plt Menpora Titip Pesan IniFPI dan PA 212 Gelar Aksi Tolak Timnas Israel (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Muhadjir menekankan, ramainya penolakan kedatangan timnas Israel ke Indonesia untuk mengikuti Piala Dunia U-20, bukan semata-mata untuk membela Palestina.

"Ini semuanya sebetulnya bukan soal Palestina atau bukan Palestina. Atau Israel atau bukann Isrsel. Pokoknya siapapun negara yang masih posisi sebagai penjajah, ya itu berarti lawan Indonesia," ujar Muhadjir.

Hal ini, menurut Muhadjir, sejalan dengan konstitusi Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945.

2. Indonesia cari jalan tengah

PSSI Temui FIFA, Plt Menpora Titip Pesan IniPlt. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Muhadjir Effendy dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI. (IDN Times/ Margith Damanik)

Muhadjir mengaku pemerintah kini sudah bergerak untuk mencari opsi-opsi yang akan diajukan sebagai alternatif. Tujuannya, agar gelaran Piala Dunia U-20 tetap terlaksana tanpa mengganggu konstitusi Indonesia.

"Kita masih berusaha mencari titik temu. Baik titik temu untuk masyarakat yang menolak ataupun yang mendukung," ujar dia.

Baca Juga: Akan Bertemu Petinggi FIFA, Erick Thohir Minta Doa Masyarakat RI

3. PSSI akan temui FIFA

PSSI Temui FIFA, Plt Menpora Titip Pesan IniKetua Umum PSSI, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akan berangkat ke kantor FIFA di Swiss, Rabu (29/3/2023) dini hari WIB. Dia ditugaskan untuk mencari solusi terkait gelaran Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Erick mengatakan ia akan mendengarkan pandangan FIFA terkait gelaran Piala Dunia U-20 2023 yang kini tengah menjadi polemik. Dia juga akan berdiskusi dengan FIFA, mencari jalan keluar terbaik dari polemik ini.

"Karena ini eventnya FIFA jadi tentu kita harus mengedepankan pandangan FIFA terlebih dahulu, dan seperti apa konsekuensinya. Di situlah baru kita mulai berdiskusi mencari ruang bagaimana penyelesaian terbaik," ujar Erick di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/3/2023).

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya