Ranking BWF: Fajar/Rian Naik ke Peringkat 2 Dunia!

Ada 3 ganda putra Indonesia yang masuk ranking 10 dunia

Jakarta, IDN Times - Pergeseran peringkat terjadi di sektor ganda putra dunia. Wakil Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pekan ini resmi menduduki ranking dua dunia.

Posisi ini membawa pasangan Fajar/Rian menjadi ganda putra nomor satu Indonesia per 20 Desember 2022. Sektor ganda putra Indonesia masih menempatkan tiga wakilnya di sepuluh besar dunia.

1. Fajar/Rian tampil apik sepanjang turnamen yang digelar pada 2022

Ranking BWF: Fajar/Rian Naik ke Peringkat 2 Dunia!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di hari ketiga babak penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022 (dok. PP PBSI)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengukuhkan diri menjadi ranking dua dunia ganda putra versi BWF per 20 Desember 2022. Ini merupakan capaian tertinggi sepanjang karier mereka dipasangkan.

Prestasi ini tak lepas dari performa Fajar/Rian di pelbagai ajang sepanjang 2022. Mereka berhasil mencapai delapan laga final dan tiga laga semifinal tahun ini.

Baca Juga: Fajar/Rian Masuk Nominasi Penghargaan BWF, Kategori Apa?

2. Fajar/Rian jadi ganda putra nomor satu Indonesia

Ranking BWF: Fajar/Rian Naik ke Peringkat 2 Dunia!Podium ganda putra Denmark Open 2022 (dok. PP PBSI)

Capaian terbaru Fajar/Rian sekaligus memastikan keduanya kini menjadi ganda putra nomor satu Indonesia. Fajar/Rian menggeser posisi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang sempat lama bertengger di puncak klasemen.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menyusul posisi Fajar/Rian dengan menempati ranking empat dunia. Sementara pasangan Kevin/Marcus mengalami penurunan enam peringkat dan kini menjadi rangking delapan ganda putra dunia.

Selain tiga pasangan yang masih ada di sepuluh besar dunia, sektor ganda putra Indonesia masih memiliki tiga pasangan muda lainnya di 20 besar.

Mereka adalah Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (13), Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (14), dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (18).

3. Capaian Fajar/Rian di 2022

Ranking BWF: Fajar/Rian Naik ke Peringkat 2 Dunia!potret Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto (bwfbadminton.com)

Fajar/Rian menorehkan catatan manis sepanjang 2022. Keduanya sukses mengunci empat gelar dari ajang Swiss Open 2022, Indonesia Masters 2022, Malaysia Masters 2022, dan Denmark Open 2022.

Fajar/Rian juga menjadi runner-up di ajang Korea Open 2022, Thailand Open 2022, Malaysia Open 2022, dan Singapore Open 2022.

Torehan prestasi ini terbilang tak disangka-sangka mengingat Fajar/Rian memulai 2022 dengan kekalahan di babak 16 besar dalam ajang German Open 2022 pada Maret 2022 lalu.

Baca Juga: Daftar Peraih Penghargaan Player of The Year BWF 2022, Ada Fajar/Rian

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya