Ratusan Atlet Siap Ikuti Seleksi Nasional Pelatnas PBSI

Seleknas gunakan sistem round robin

Jakarta, IDN Times - PBSI akan menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) 2022 pada 10-15 Januari 2022 mendatang. Seleknas akan dilaksanakan di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur.

Ratusan atlet dari berbagai provinsi siap bertarung di Seleknas ini. Seluruhnya antusias berjuang untuk jadi penghuni baru Pelatnas PBSI.

"Tapi dapat kami sampaikan bahwa 90 persen dari 34 pengprov PBSI mengirim wakilnya ke ajang ini. Tentunya saya senang dengan antusiasme mereka dan juga menjadi kesempatan para atletnya untuk bergabung dengan pelatnas," kata Kepala Bidang Turnamen dan Perwasitan, Mimi Irawan, dalam keterangan tertulis.

1. Tim Seleknas lakukan pengecekan data

Ratusan Atlet Siap Ikuti Seleksi Nasional Pelatnas PBSIKepala Bidang Turnamen dan Perwasitan Mimi Irawan (Dok.PBSI)

Tim Seleknas PBSI kini tengah berkoordinasi untuk melakukan pengecekan data atlet, guna memastikan kesesuaian dengan persyaratan yang ditetapkan PBSI.

"Setelah pendaftaran ditutup kemarin malam, kami masih merekap jumlah atlet yang mendaftar untuk Seleknas," kata Mimi.

Seleknas PBSI 2022 tidak menggunakan sistem pembagian divisi 1 dan 2. Semua akan bertarung di kompetisi yang sama. Untuk kelompok umur, Seleknas akan mempertandingkan dua kategori, Taruna (kelahiran 2004 dan seterusnya) dan Dewasa (kelahiran 2002 dan 2003).

Baca Juga: Ini Rencana PB Djarum Bila Praveen/Melati Dicoret dari Pelatnas PBSI

2. Seleknas akan berlakukan sistem round robin

Ratusan Atlet Siap Ikuti Seleksi Nasional Pelatnas PBSIIlustrasi bulu tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Mimi menegaskan, sistem Seleknas yang akan berlangsung sudah dibuat dengan fair play dan sesuai ketentuan pertandingan yang berlaku. Sistem pertandingan yang diberlakukan juga menggunakan sistem round robin.

"Tidak langsung sistem gugur. Ini agar semua bisa bersaing, tidak terpatok satu pertandingan saja. Untuk peringkat kami gunakan poin pada bulan Maret 2020," kata Mimi.

3. Pengundian grup akan berlangsung hari ini

Ratusan Atlet Siap Ikuti Seleksi Nasional Pelatnas PBSIKepala bidang Bina Prestasi (Kabinpres) PP PBSI Rionny Mainaky dalam Webinar: Mengawal 100 Hari Kinerja Ketum PP PBSI Baru (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Pengundian pembagian grup akan belangsung hari ini, Kamis (6/1/2022). Jumlah pasti peserta yang akan ikut berpartisiasi juga baru akan diketahui.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, menyambut positif banyaknya atlet yang mendaftar. Rionny yakin akan mendapat bibit-bibit atlet yang bagus dari Seleknas ini.

"Saya yakin dari hasil Seleknas ini, kita bisa dapat atlet-atlet terbaik untuk masa depan bulu tangkis Indonesia," kata Rionny.

Baca Juga: PBSI Gelar Seleksi Nasional pada Januari 2022

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya