Comscore Tracker

Richard Mainaky Optimistis Temukan Pengganti Butet

Targetkan satu pasangan di Olimpiade 2020

Jakarta, IDN Times - Pelatih ganda campuran bulu tangkis Indonesia, Richard Mainaky, optimistis menemukan pengganti Liliyana Natsir atau Butet yang belum lama lalu memutuskan pensiun.

"Kalau saya sendiri harus optimistis (mendapatkan pengganti Butet) dan itu tugas saya sebagai pelatih," kata Richard kepada IDN Times di Pelatnas Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Senin (11/2) pagi. "Ada Gloria, Melati yang muda ada Winny, ada Mentari.".

Richard menilai regenerasi sektor ganda campuran PBSI tergolong baik. Terlihat dari enam pasang ganda campuran Indonesia yang berhasil menduduki peringkat 30 besar dunia.

1. Enam pasang ganda campuran Indonesia masuk peringkat 30 besar

Richard Mainaky Optimistis Temukan Pengganti ButetInstagram.com/natsirliliyana

Sektor ganda campuran Indonesia mengirim enam pasangan ke peringkat 30 besar dunia. Peringkat paling tinggi sebelumnya diisi Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pada peringkat empat.

Kini ada nama Hafiz/Gloria yang menduduki peringkat ke-11. Nama Praven/Melati menyusul di peringkat ke-16. Melihat peringkat ini, Richard masih positif melihat kemampuan sektor ganda campuran Indonesia.

2. Richard mengakui terlalu fokus pada Owi/Butet

Richard Mainaky Optimistis Temukan Pengganti ButetInstagram.com/ibutetholic

Kepada IDN Times, Richard mengakui bahwa dulu dirinya terlalu fokus melihat Owi/Butet. Hal ini membuat regenerasi pasangan ganda campuran terkesan lambat.

Richard mengatakan hal itu terjadi lantaran dirinya juga sudah lama menunggu hasil medali emas olimpiade dari sektor ganda campuran Indonesia. Medali emas olimpiade akhirnya diraih Owi/Butet pada 2016.

3. Pasangkan Owi dengan Winny

Richard Mainaky Optimistis Temukan Pengganti Butetbadmintonindonesia.org

Sepeninggalan Butet, Richard mencarikan pasangan baru untuk Tontowi Ahmad alias Owi. Richard memilih Winny sebagai pendamping baru Owi.

Richard mengaku telah memantau perkembangan Winny sejak dua tahun lalu dan melihat sosok Winny menjadi sosok yang tepat berpasangan dengan Owi.

"Owi/Winny harus punya hasil maksimal di pertandingan-pertandingan ke depan kalau mau Olimpiade 2020," kata Richard lagi.

4. Targetkan satu pemain ganda campuran lolos Olimpiade 2020

Richard Mainaky Optimistis Temukan Pengganti ButetInstagram.com/natsirliliyana

Setahun menuju Olimpiade 2020, Richard menyebutkan sektor ganda campuran menargetkan setidaknya satu pasangan ganda campuran lolos ke Olimpiade.

Pasangan Hafiz/Gloria diharapkan menjadi wakil Indonesia di Olimpiade 2020. Richard sendiri tak menutup kemungkinan pemain lain menjadi wakil Indonesia di 2020 bersama Hafiz/Gloria. Termasuk pasangan baru Owi/Winny.

Baca Juga: Atlet Bulu Tangkis Indonesia Perebutkan Rp4,5 M di Djarum Superliga

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You